Pariwara
Kolaka Timur

DD dan ADD Koltim Berkurang

Martha S. Hutapea

KENDARIPOS.CO.ID — Besaran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pada tahun 2018 mendatang akan berkurang. Jika tahun ini plot DD mencapai Rp 91 miliar, maka tahun depan menjadi Rp 84 miliar atau berkurang Rp 7 miliar. Sementara untuk ADD yang dialokasikan melalui APBD juga ikut turun dari Rp 41 miliar menjadi Rp 39 miliar.

Pengurangan tersebut diungkapkan Kepala Badan Keuangan (BKD) Koltim, Martha S. Hutapea. Semua merupakan bias rasionalisasi anggaran dari pemerintah pusat. Pihaknya hanya menerima pagu anggaran yang sudah ditetapkan dan Pemkab Koltim tinggal mendistribusikan pada ratusan desa di daerah tersebut, nantinya.

“Kita menerima saja dari pusat dana itu. Bukan Pemkab Koltim yang menentukan besarannya,” kata Martha S. Hutapea saat dikonfirmasi, Senin (18/12). Meski demikian, ia berharap, walaupun dana desa nanti berkurang, tak berarti semangat membangun para kepala desa ikut juga turun. “Tetap optimalkan anggaran yang diberikan berdasarkan aturan. Belum bisa saya jabarkan soal seberapa banyak dana untuk setiap desa. Jelasnya, dari 117 desa akan dibagi rata DD sebesar Rp 84 miliar tersebut,” sambungnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Hanarudin, juga membenarkan jika DD 2018 memang akan berkurang. “Tunggu saja pembagian dari Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang. Intinya, DD dan ADD turun dari tahun sebelumnya. Misalnya, pada tahun 2017 desa A mendapatkan porsi DD Rp 700 juta mungkin tahun depan jadi Rp 600 juta atau bahkan Rp 500 juta. Kita tunggu saja hasil kajian dari Bappeda karena mereka yang bagi ke dinas teknis,” tandasnya. (b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top