Bombana Makin Maju – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Bombana

Bombana Makin Maju

Bupati Bombana, H Tafdil bersama istri Andi Nirwana saat mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-14 Kabupaten Bombana di Kecamatan Poleang, Senin (18/12). Foto: Nuryadi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — 18 Desember menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Bombana. Sebab, di pertengahan tanggal menjelang pergantian tahun tersebut, merupakan hari ulang tahun daerah itu. Kabupaten Bombana menjadi daerah otonom baru di Sultra sejak 18 Desember 2003.

Senin (18/12), daerah yang kini dinakhodai Haji Tafdil ini, genap berusia 14 tahun. Bersama seluruh warganya, Bupati incumbent ini merayakan hari jadi Bombana di Kecamatan Poleang. Puncak perayaan hari ulang tahun Bombana dilaksanakan dengan upacara bendera dan dilanjutkan dengan sidang paripurna istimewa oleh anggota DPRD Bombana. Dalam upacara bendera, Tafdil bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) .

Saat bertindak sebagai Irup, Suami Andi Nirwana ini, terlihat sangat berwibawa. Dia tampil dengan pakaian serba merah, dengan menggunakan pakaian adat Moronene (pakaian penduduk asli Bombana). Tidak hanya itu, saat menyampaikan sambutan di hadapan forkompimda dan masyarakat yang memadati lapangan Kastarib, Boepinang, Bupati kelahiran 6 Juni 1973 ini, lebih dulu mengawalinya dengan mendoakan seluruh penggagas atau pejuang pemekaran Kabupaten Bombana.

“Sebelum saya memulai sambutan ini, terlebih dulu saya mengajak kita semua untuk melafazkan Al-fatiha kepada semua tokoh-tokoh pemekaran Bombana yang sudah mendahului kita. Sementara bagi yang masih hidup, agar senantiasa diberi umur panjang, kesehatan dan kesuksesan. Bagi pejuang yang sudah mendahului kita, semoga arwahnya mendapat tempat yang terbaik, Bilahi Mustafa, Alfatiha,” kata Tafdil sembari menundukan kepala untuk berdoa, sesaat sebelum memulai sambutannya.

Usai berdoa, pasangan Johan Salim ini mengatakan, masyarakat Bombana patut berbangga dan memberikan apresisi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang tergabung dalam perjuangan pendiri kabupaten. Sebab, berkat perjuangan mereka serta Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Bombana kemudian terbentuk menjadi DOB, berdasarkan undang-undang nomor 29 tahun 2003.

Ketua DPD PAN Bombana ini menambahkan, di usia yang masih belia itu, Kabupaten Bombana akan terus berupaya untuk mendesain atau merancang pembangunan untuk masa depan yang lebih baik. Begitu juga dengan pembangunan yang akan dilaksanakan. Tafdil berupaya akan tetap berlandaskan realita dan dinamika kekinian serta tidak melupakan nilai-nilai peristiwa atau sejarah di masa lalu.

Selain itu, Tafdil meminta kepada seluruh masyarakatnya, agar menjadikan hari kelahiran Kabupaten Bombana, sebagai motivasi dan inspirasi, untuk mengenang perjuangan para perintis dan harus membangun dan mengisinya dengan karya dan prestasi. “Kemajuan Bombana hari ini tak lepas dari peran semua pihak. Makanya, saya mengajak seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan semuanya untuk bersatu membangun Bombana,” jelasnya.

Dalam upacara peringatan hari jadi Bombana, semua undangan tampil dengan beragam pakaian adat. Beberapa undangan seperti Kajari Bombana Baharuddin, SH, Kapolres Bombana AKBP Andi Syafruddin, Sekda Bombana Burhanuddin A HS Noy serta semua SKPD bahkan lurah dan desa mengenakan pakaian adat Moronene. Selain itu, beberapa pejabat lain dan tokoh masyarakat mengenakan pakaian adat Bugis serta beberapa pakaian adat lain yang ada di Bombana.

Usai seremoni upacara dilanjutkan dengan acara lomba masakan antar kecamatan serta pengumuman juara berbagai lomba kegiatan selama peringatan HUT Bombana. (b/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top