Pariwara
Konawe

Anomali Cuaca, BPBD Konawe Siaga

Jahiuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Cuaca di langit Konawe semakin sulit diprediksi. Sebab selalu berubah hanya dalam hitungan jam. Kondisi tersebut membuat Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mulai bersiap dalam status siaga, jika suatu waktu terjadi bencana di daerah lumbung beras itu. Kepala BPBD Konawe, Jahiuddin, mengaku, pihaknya telah mendapat peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk siaga dalam waktu beberapa bulan ke depan. Sebab cuaca akan semakin ekstrem dan instensitas hujan di wilayah tersebut juga cukup tinggi. Makanya, BPBD tetap waspada.

“Melihat kondisi cuaca yang sebentar panas terik, lalu tiba-tiba hujan lebat, maka kita harus posisi siaga. Apalagi, sudah ada peringatan dari BMKG,” terangnya, Senin (18/12). Pihaknya juga telah selesai memetakan daerah mana saja yang sering dilanda bencana, bukan hanya banjir, namun juga tanah longsor dan kecelakaan kerja. “Kita berhasil mengklasifikasi daerah yang rawan bencana, sehingga akan lebih mempermudah melakukan pemantauan dan evakuasi sebelum bencana terjadi nantinya,” ungkap Jahiuddin.

Ia menyebutkan, untuk daerah rawan banjir ada 15 kecamatan, untuk tanah longsor pad enam kecamatan, sedangkan rawan kecelakaan kerja ada 10 wilayah. Pemetaan dilakukan berdasarkan jumlah bencana yang terjadi pada daerah tersebut sepanjang tahun 2017. “Ya, biasanya pengalaman tahun-tahun sebelumnya, bencana terjadi pada Juni dan Juli. Tapi untuk saat ini kita tetap akan siaga sampai BMKG menyatakan cuaca normal,” pungkasnya. (b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top