Pariwara
Kolaka

Rp 14 M Kembangkan Perkebunan di Kolaka

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi sumberdaya alam di Kabupaten Kolaka dinilai sangat menjanjikan untuk pengembangan pada sektor perkebunan. Hal itu membuat Kementerian Pertanian melalui Dirjen Perkebunan tertarik mengembangkan tanaman di Bumi Mekongga. Dukungan tersebut ditandai dengan mengalokasikan sebagian anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk pengembangan perkebunan di otorita Bupati, H. Ahmad Safei tersebut.

“Di tengah kesulitan anggaran, kami tetap memberikan bantuan untuk Kolaka. Untuk tahun 2018 ini, kami berikan sekitar Rp 14 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2017 yang hanya Rp 11,7 miliar,” ungkap Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Ir. Bambang saat menghadiri pertemuan Forum Kakao di Desa Bende, Kecamatan Wundulako pada Sabtu (16/12) lalu.

Mantan Kadis Perkebunan Sultra tersebut mengatakan, peningkatan bantuan itu dilakukan seiring dengan kesiapan kepala daerah dalam mengembangkan perkebunan di daerahnya. “Jadi siapa saja bupati atau gubernur yang siap menjemput anggaran untuk melaksanakan perbaikan pembangunan perkebunan, maka akan kami dukung,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Bambang berpesan pada pemerintah dan petani untuk memaksimalkan potensi perkebunan yang ada di Kolaka. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat lebih meningkat. “Kalau ada lahan yang masih kosong sebaiknya ditanami lada, pala, atau jagung. Jika tanaman kakaonya sudah tua, maka sebaiknya dilakukan peremajaan agar produksi bisa maksimal. Semua upaya itu membutuhkan dukungan berbagai pihak. Tapi jika potensi itu bisa dioptimalkan, maka kesejahteraan masyarakat pasti meningkat,” tutur Bambang.

Kedatangan Dirjen Perkebunan itu sendiri mendapat sambutan meriah dari pemeritah dan warga. Pertemuan Forum Kakao itu juga dihadiri Sekab Kolaka, H. Poitu Murtopo serta pimpinan SKPD dan Muspida yang ada. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top