Pariwara
Konawe Kepulauan

2018, Pemkab Konkep Tata Best Point Langara

MURSALIN/KENDARI POS
Kepala Bappeda Konkep, Abdul Halim (tengah) saat meninjau lokasi Best Point Langara.

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) untuk menata pusat Kota Langara terus dilakukan. Setelah menuntaskan taman publik di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Langara, Pemkab Konkep juga melirik hutan mangrove di Desa Mata Langara, Kecamatan Wawonii Barat. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konkep, Abdul Halim mengatakan, hutan mangrove di Kecamatan Wawonii Barat akan dijadikan obyek wisata alam.

Katanya, hutan mangrove tersebut akan dijadikan lokasi Best Point Langara sebagai wajah Pulau Wawonii. “2018 nanti kami akan rancang master plan Best Point Langara. Agar wajah Pulau Wawonii bisa terlihat bagi tamu yang hendak ke Wawonii,” kata Kepala Bappeda Konkep, Abdul Halim saat ditemui, Minggu (17/12). Ia mengatakan, lokasi mangrove yang bersebelahan dengan By Pass Langara, akan ditata sedemikian rupa untuk menarik wisatawan berkunjung di Bumi Kelapa tersebut.

Nanti, lokasi obyek wisata mangrove akan ditata mengikuti obyek wisata bakau lainnya seperti yang berada di pelataran By Pass Kota Kendari. “Kami akan tata seindah mungkin hutan mangrove yang ada di Desa Mata Langara untuk dijadikan obyek wisata. Karena dekat dengan pasar kabupaten. Best Point yang kami rancang akan dibuat terminal kecil di sekitar pasar,” ujar Halim.

Mantan Kepala Bappeda Wakatobi itu menjelaskan, Best Point Langara nantinya akan lebih detail dibandingkan rencana tata bangunan dan rencana detail tata ruang. Tahun ini pihaknya sedang mengedentifikasi pemilik lahan di sekitar hutan mangrove tersebut. Agar kedepanya pembangunan Best Poin di Konkep tidak menuai masalah.

“Karena tidak masuk hutan lindung, mangrove ini kami akan tata sedemikian rupa. Tetapi kami masih menginventarisasi siapa-siapa pemilik lahan di sekitar hutan tersebut. Untuk diketahui juga By Pass yang dikerja saat ini juga masuk sebagai ring road kabupaten,” tandasnya. (c/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top