Pariwara
Kolaka Timur

Semua Proyek di Koltim Harus Tuntas !

KUSDIN/KENDARI POS Kondisi pekerjaan jembatan penghubung Desa Lara-Orawa di Kecamatan Tirawuta yang harusnya tuntas akhir Desember ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Optimisme pimpinan daerah di Kolaka Timur (Koltim) terhadap pekerjaan infrastruktur yang harus dituntaskan tahun ini, berbanding terbalik dengan kondisi serta volume kerja di lapangan. Salah satu contohnya, proyek pembangunan jembatan penghubung di Desa Lara. Setelah pekerjaan tahap I jembatan penghubung Desa Orawa dengan Lara di Kecamatan Tirawuta itu terhenti, kini proyek tersebut dilanjutkan kembali oleh kontraktor berbeda. Sayangnya, progres pekerjaan juga tak memperlihatkan perkembangan menggembirakan. Padahal masa kontrak 150 hari kerja hingga akhir Desember, hampir berakhir.

Meski begitu, Kepala Dinas PU dan Perhubungan, Bio Mansur, tetap berargumen, walau sudah pertengahan Desember, ia tetap optimis pekerjaan bisa selesai. “Apalagi sementara akan dilakukan pengecoran lantainya. Kalau potensi masa kontrak akan lewat, itu kecil kemungkinan. Sebab pihak rekanan terus bergerak melakukan pembangunan. Kami juga terus turun memantau kemajuan pekerjaannya,” klaim Bio Mansur, rabu (13/12).

Ia menjelaskan, sebelumnya, paket pekerjaan jembatan penghubung Desa Lara tersebut, tak mampu dilanjutkan oleh kontraktor pertama hingga tuntas. Makanya, pihak Dinas PU memutuskan kontrak paket itu. Panitia perencanaan kemudian kembali mengusulkan pada APBD-P untuk penganggaran lanjutan sebesar Rp 791 juta, dengan menggunakan dana alokasi umum.

Mantan Sekertaris Dinas PU ini mengatakan, jikapun tak dapat dituntaskan hingga akhir Desember, maka rekanan masih memiliki sisa waktu 50 hari. “Walaupun mereka memiliki waktu tambahan, namun harus terus berupaya bekerja maksimal. Kalau perlu dikerjakan siang malam biar volumenya cepat pada posisi 90 persen. Kami juga selalu mengingatkan agar material yang digunakan harus berlisensi dan lolos uji laboratorium. Sehingga kualitas fisik jembatan bisa terjamin bagus. Kalau dana, mereka (kontraktor) baru mencairkan sekitar 30 persen,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah juga meyakini, semua proyek infrastruktur jalan, jembatan, box culvert dan bangunan kantor harus tuntas Desember ini. “Saya optimis bisa selesai. Kami juga terus berkoordinasi dengan Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) serta turun di lapangan memantau melihat langsung realisasi semua pekerjaan,” tandasnya. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top