Pariwara
Edukasi

Maulid Nabi Jadi Momen Aktualisasi Diri Bagi Yayasan Kartika Jaya

Wa Ode Sitti Febriani/ Kendari Pos
Ki-ka: Kepala SMA Kartika, Pembawa Hikmah Maulid, La ode Suayib, S.Pd., serta Kepala SMP Kartika, Fausi, S.Pd., saat maulid yang digelar Yayasan Kartika Jaya.

KENDARIPOS.CO.ID — Momen maulid nabi dirayakan dengan khidmat oleh segenap warga Yayasan Kartika Jaya, yang menaungi SMP Kartika dan SMA Kartika. Kendatipun jatuhnya tepat di tanggal 12 Rabiul Awal atau 1 Desember lalu, namun euphoria itu masih terasa. Rangkaian kegiatan terus berlanjut, menunjukkan bahwa kecintaan terhadap Rasulullah benar-benar nyata. Secara pribadi, ini dijadikan sebagai momen aktualisasi diri bagi warga Kartika Jaya.

Sekira 1.300 peserta yang terdiri dari guru, staf dan siswa SMP Kartika dan SMA Kartika tumpah ruah di lapangan upacara. Semua terlihat antusias mengikuti prosesi acara yang dipandu oleh Dr. Yahya Ubaid, sang pembawa hikmah maulid.

“Keteladanan rasul mulai yang terkecil sampai yang paling besar harus mampu kita contohi sekaligus aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah ujung tombaknya pendidikan karakter yang tengah digalakkan oleh pemerintah pusat. Ya, akhlakul karimah itu wajib ditanamkan dalam diri pribadi,” ungkap Yahya.

Kepala SMA Kartika, La ode Suayib, S.Pd., juga menambahkan, saat ini banyak pejabat kelas kakap yang bermoral jelek dan sangat tidak layak dijadikan contoh. Maka nilai keteladanan Rasulullah adalah tameng untuk membentuk karakter calon penerus bangsa. “Ini sarat dengan nilai-nilai karakter, tidak semata memperingati hari kelahiran Rasulullah, tokoh yang patut diteladani, dicintai dan menjadi figur idola, namun juga jadi sumber motivasi bagi kita semua untuk membenahi diri,” ungkapnya.

Kepala SMP Kartika, Fausi, S.Pd., juga mengamini. Menurutnya, maulid nabi yang terus diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal bukan sebuah seremonial belaka, tapi sebagai momen spiritual untuk menegaskan beliau sebagai figur tunggal yang mengisi pikiran, hati dan pandangan hidup umat manusia. “Jika keteladanan Rasulullah sudah mampu kita contohi, maka genaplah hidup kita. Persaudaraan jelas makin kental, karena ketaatan akan terpancar pada watak pribadi dan keseharian juga,” ujarnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top