Pariwara
Hukum & Kriminal

Satgas Sita 395 Kardus Penganan Kedaluwarsa

Polisi menyita ratusan kardus penganan merek Pia Bali yang izin Menkesnya dianggap sudah tidak berlaku. BPOM Kendari pun masih akan melakukan uji laboratorium untuk memastikan kandungan kue itu berbahaya atau tidak. Foto: Adwin/ Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang baru dibentuk Polda Sultra, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari dan pemerintah daerah bergerak cepat. Hasilnya, Satgas sukses menemukan 395 kardus penganan yang izinnya sudah tidak berlaku atau kedaluwarsa. Petugas BPOM Kendari yang masuk dalam Satgas memastikan hal itu setelah memeriksa izin Dep.Kes.RI. NO.SP, yang tertulis di kardus tidak berlaku.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan hasil kerja tim Satgas Pangan itu. Kompol Dolfi menyebutkan razia Satgas Pangan menemukan ratusan penganan itu di sebuah tempat usaha di Kampung Salo, Kecamatan Kendari. Karena dianggap tak sehat dan tak patuh aturan, ratusan kardus kue milik UD. Darma Indah Sejati itu disita dan dibawa ke BPOM Kendari untuk diteliti. “Kue sitaan sudah ada di BPOM saat ini,”ujar Kompol Dolfi Kumaseh, Selasa (12/12).

Setelah mengamankan penganan Pia Bali, Satgas Pangan juga mengamankan 10 jenis bahan makanan di sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Kendari, selasa (12/12). 10 jenis bahan pangan dan buah-buahan itu disita Satgas, lantaran diduga sudah kedaluwarsa. Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan Satgas Pangan akan terus melakukan operasi diberbagai tempat. “Ini untuk mencegah hal-hal seperti yang ditemukan,” tukasnya. Sementara itu, Kepala BPOM Kendari, Adilah Pababbari mengaku masih akan menelaah temuan itu. Meski belum dapat memastikan kandungan kue itu berbahaya atau tidak jika dikonsumsi namun kuat dugaan penjualan kue ini dianggap melanggar. Menurut wanita berhijab itu menambahkan tim BPOM akan melakukan uji laboratorium untuk memastikan kandungan zat didalamnya. Lalu menelusuri distributornya, dan melalui jalur apa kue ini masuk ke Kendari. Pihaknya masih akan merundingkan dengan tim Satgas Pangan lainnya. “Jika terbukti maka akan ditindak,” ujar Adilah Pababbari. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top