Pariwara
Metro Kendari

Road Race Tuntas, Sampah Berserakan

Karung berisi pasir dan ban bekas masih berserakan di sekitar track road race di tepi ruas jalan Supu Yusuf, Selasa (12/12). Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kegiatan road race digelar Sabtu dan Minggu, 9-10 Desember lalu bagi panitia diangga sukses namun justru menyisakan masalah bagi pengguna jalan. Di tepi jalan dan titik tikungan para racer masih berserakan ban bekas serta karung pasir. Panitia belum membereskan setelah road race digelar. Hingga selasa (12/12), tumpukan ban bekas dan karung pasir masih memenuhi trotoar jalan bekas sirkuit event road race. Seharusnya yang bertanggung jawab adalah penyelenggara event, karena hal tersebut dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Seperti yang terjadi Selasa (12/12) Jusmadi pengendara motor yang melintas tepat didepan area SSDC, hampir saja terjatuh akibat karung dan ban yang berserakan dipinggir jalan. “Hampir saya jatuh, soalnya banyak karung dipinggir jalan. Harus dibersihkan cepat ini. Bagusji saya tidak jatuh, dan jangan sampe nanti ada korban baru mau dibersihkan,” tuturnya.

Plt. Kepala DLHK Kota Kendari, Muh. Nur Razak menyayangkan masih adanya perangkat bekas sirkuit road race yang berserakan di jalan. Dia juga menyayangkan pihak penyelenggara event road race tidak segera membenahi dan menjaga kebersihan setelah melaksanakan kegiatan. Apalagi kelalaian penyelenggara tersebut sangat mengganggu kenyamanan masyarakat.

“Seharusnya yang punya kegiatan membersihkan lokasi sebelum pukul 06.00 wita. Akses jalan yang habis digunakan itu sudah harus steril. Dan itu sudah kami sampaikan kepada pihak peyelenggara pada saat mengambil rekomendasi. Dan kami sebatas hanya memberikan rekomendasi dan yang memberikan izin adalah pihak Pemprov, karena MTQ adalah lahan Pemprov,” ujar Nur Razak saat dikonfirmasi, selasa (12/12).

Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari itu mengatakan terpaksa harus menggerakkan petugas kebersihan untuk menyingkirkan karung dan ban sisa event road race tersebut. Meskipun bukan tanggung jawab mereka, tetapi untuk kepentingan umum pihaknya harus segera bertindak. “Insya Allah besok (hari ini,red) anggota saya akan melakukan pembersihan, untuk kenyamanan masyarakat apa lagi hampir terjadi kecelakaan. Tapi kami bersihkan hanya dijalan raya saja. Untuk di area SSDC tidak kami bersihkan,” ungkapnya.

Muh. Nur Razak berharap kedepan penyelenggara event dapat bertanggungjawab atas sampah-sampah yang berserakan akibat event yang diselenggarakan, untuk kenyamanan bersama. Mengingat event seperti ini rutin dilakukan di Kota Kendari. “Saya berharap lebih tertib lagi, dan tidak boleh lagi terjadi seperti ini, karena masyarakat sangat terganggu dengan adanya karung-karung berisi pasir itu,” tegasnya. (kmr/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top