Plt. Gubernur Sultra Desak Pemda Tuntaskan APBD 2018 – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Plt. Gubernur Sultra Desak Pemda Tuntaskan APBD 2018

ANGGARAN PEMBANGUNAN: Penyerahan DIPA petikan APBN 2018 secara simbolis kepada kepala daerah kabupaten dan kota se-Sulawesi Tenggara di aula Hotel Zahra, Kendari, Selasa (12/12). Penyerahan DIPA tersebut diberikan dalam rapat koordinasi evaluasi dan pengendalian pembangunan semester II. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah jamak di Sultra jika pemerintah kabupaten dan kota selalu lamban dalam penyerahan draf anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) ke Pemprov untuk dievaluasi. Entah apa masalahnya, batas waktu penyerahan seakan tak pernah menjadi peringatan keras bagi Pemda untuk patuh terhadap jadwal yang sudah ada.

Hingga saat ini masih ada 4 kabupaten yang menyerahkan APBD 2018 kepada Pemprov Sultra. Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata pun angkat bicara. Ia mendesak seluruh Pemda yang belum menyerahkan APBD agar segera menuntaskan pembahasannya bersama legislatif di kabupaten.

Pesan itu disampaikan Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata dalam rapat koordinasi evaluasi dan pengendalian pembangunan semester II tahun 2017 antara pemerintah provinsi dan kabupaten dan kota se Sultra dan penyerahan DIPA petikan APBN tahun 2018. “Kita sangat bersyukur beberapa kabupaten kota sudah menyelesaikan APBD 2018, tapi masih ada 5 kabupaten kota yang belum memasukan untuk dievaluasi di tingkat provinsi. Saya minta ini segera diatensi, karena sebenarnya waktunya sudah lewat,” ungkapnya.

Ia memahami akhir tahun seperti ini kegiatan sangat padat. Namun, draf APBD adalah keharusan yang tidak bisa ditawar. “Sekarang kita bolak balik di luar daerah, saya sering ketemu bupati atau wali kota di luar karena memang banyak kegiatan. Tapi tetap APBD harus selesai,” tegasnya.

Melalui kesempatan itu pula, pasangan Gubernur Sultra nonaktif Nur Alam itu pamit. Sebab itu rapat koordinasi itu menjadi yang terakhir dimasa kepemimpinannya sebagai Plt. Gubernur Sultra. “Bagi saya pribadi rapat koordinasi ini adalah yang terakhir. Mudah-mudahan ada hikmahnya. Akhir tahun ini sudah bisa menyelesaikan semua kegiatan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Perwakilan Sultra, Ririn Qadariah mengatakan penyerahan DIPA petikan Sultra tercepat kedua di Indonesia setelah Riau. Lanjut dia, realisasi DIPA 2017 sejauh ini sebesar 74,90 persen. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top