Pariwara
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Target Peningkatan Adaptasi Ketangguhan Bencana

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Wabup Konsel, Dr. H. Arsalim Arifin bersalaman dengan Koordinator USAID Apik, Mr. Paul dalam kegiatan ketangguhan resiko bencana, selasa (12/12)

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi kerawanan bencana di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), masih dalam level mengkhawatirkan. Sebab sesuai hasil persentase pengukuran ketangguhan bencana yang dilakukan pemerintah kabupaten (Pemkab) bersama USAID melalui program adaptasi perubahan iklim ketangguhan bencana, Konsel masih berada pada angka posisi menengah rawan. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Konsel, Dr. H. Arasalim Arifin, Selasa (12/12).

Meski demikian, mantan Kepala Bappeda Konsel tersebut cukup mengapresiasi kerja sama pihak USAID yang membantu Pemkab dalam adaptasi ketangguhan bencana. “Sebab dalam kurun waktu dua tahun ini terjadi perubahan iklim yang sangat signifikan. Itu ditengarai setelah adanya kerja sama yang baik dari berbagai pihak. Apalagi program Apik ini juga telah tertuang dalam RPJMD Konsel periode 2016-2021 dalam hal pengurangan resiko bencana,” ungkapnya, selasa (12/12).

Arsalim menjelaskan, pengurangan resiko bencana bukanlah tanggung jawab pemerintah semata. Sebab dibutuhkan juga peran swasta seperti para investor.
“Karena saat ini terbukti kebanyakan penerima manfaat itu juga dari para investor itu sendiri. Baik dibidang pertanian, perikanan maupun pertambangan. Sehingga sangat dibutuhkan peran mereka untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengurangi resiko bencana,” tuturnya.

Arsalim berharap di tahun 2021 nanti, ketangguhan resiko bencana di Kabupaten Konsel bisa mencapai level tinggi, minimal di atas 60 persen. “Dengan demikian, itu akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” harapnya. Secara teknis, Kepala Bappeda Konsel, Adiwarsa Toar mengungkapkan, program adaptasi perubahan iklim dan ketangguhan bencana fokus pada daerah potensi rawan. Di Sultra, USAIDtelah bekerja sama dengan Kota Kendari dan Kabupaten Konsel.

“Untuk di Konsel, sentralnya ada di Bappeda. Kita koordinasi dengan Badan Bencana. Itu sudah dipetakan dalam kawasan rawan bencana. Misalnya, kawasan timur Kolono dan Laonti, cukup rawan puting beliung dan kenaikan air laut,” imbuhnya.
(b/kam)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top