Pariwara
Buton

Kasatreskrim Buton Temukan Produk Kedaluwarsa

KENDARIPOS.CO.ID — Tim gabungan operasi terpadu melakukan inspeksi ke pasar-pasar yang ada di Buton. Hasilnya, banyak ditemukan produk tak layak jual. Tim yang dipimpin Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Buton, Iptu Hasanuddin tersebut menemukan produk susu kaleng kedaluwarsa yang masih dijual di pasaran.

Yulianti, Kepala Bidang Standarisasi Harga dan Perlindungan Konsumen, Dinas Perdagangan Buton mengatakan, meski melanggar ketentuan, namun pihaknya belum melakukan penyitaan terhadap produk tersebut. Pihaknya masih mengedepankan pembinaan pada pedagang untuk tidak lagi menjual produk tak layak konsumsi. “Kami minta itu tidak dijual lagi,” jelasnya.

Bila masih ditemukan ada pedagang yang mencoba menjual kembali barang itu, maka akan ditindak secara tegas oleh pihak Kepolisian. “Ke depan sudah tidak ada lagi pembinaan, langsung berhadapan dengan aparat penegak hukum,” ancamnya. Tim yang bergerak pada dua tempat yakni Pasar Kaloko dan Pasar Sabho tersebut sekaligus menyimpulkan jika kondisi harga saat ini, secara umum masih terjangkau. Meski sebenarnya dari pantauan ditemukan pergerakan harga yang mulai naik. Contohnya telur, sebelumnya dijual Rp 45 ribu, kini naik menjadi Rp 48 ribu. “Untuk komoditi lain, seperti beras, gula, bawang merah dan bawang putih serta daging harganya masih sama dengan hari-hari biasanya,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, ketersediaan bahan pangan saat ini masih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sampai perayaan natal dan tahun baru nanti. “Kemungkinan tidak ada permintaan barang dari luar,” paparnya. Kasatreskrim Polres Buton, Iptu Hasanuddin sebelumnya mengatakan jika operasi pasar ini sengaja dilakukan dalam rangka memantau perkembangan harga pangan di pasaran jelang natal dan tahun baru. Operasi dilakukan bersama dengan dinas terkait, yakni Dinas Perdagangan dan Dinas Pangan Buton. “Pantauan kami harga dan stok pangan masih aman,” timpalnya. (b/rus/m1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top