Dana BOS di Buteng Segera Dicairkan – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Tengah

Dana BOS di Buteng Segera Dicairkan

Nafiu, M.Pd

KENDARIPOS.CO.ID — Dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan IV di Buton Tengah (Buteng) segera dicairkan. Rencananya, anggaran tersebut akan disalurkan pada semua SD dan SMP yang tersebar pada tujuh wilayah kecamatan. Kabid Dikdas Dikbud Buteng, Nafiu, M.Pd, mengatakan, untuk SMP dengan 37 unit sekolah mendapat BOS sebesar Rp 1,126 miliar. Kemudian, total dana BOS yang terima SD kurang lebih Rp 2,446 miliar dengan jumlah sekolah 94 unit.

Total tersebut sudah termasuk sekolah negeri dan swasta yang ada di Buteng. “Kami berupaya untuk segera mencairkan dana BOS ini, agar bisa dimanfaatkan pihak sekolah secara maksimal dan sesuai harapan. Pasalnya, dana BOS triwulan IV ini sudah dinanti-nantikan agar kebutuhan anggaran untuk operasional sekolah bisa teratasi,” ungkapnya, selasa (12/12).

Dia menuturkan, dana BOS yang dicairkan sebesar 20 persen dari total anggaran yang diberikan dalam setahun. Kebijakan tersebut dilakukan karena untuk pencairan dana BOS triwulan II sebesar 40 persen. “Meski, idealnya kalau pencairan empat kali setahun, maka tiap triwulan sebesar 25 persen total anggaran. Namun regulasi pencairan dana berbeda yakni 40 triwulan II, sementara triwulan lain hanya 20 persen,” jelasnya.

Nafiu mengungkapkan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti dana BOS yang diterima setiap sekolah. Pasalnya, jumlah anggaran yang diterima dihitung berdasarkan jumlah siswa. Kendati demikian, dana tersebut digunakan untuk membiayai operasional sekolah, bukan diberikan pada siswa. “Untuk SMP dana BOS yang diterima sebesar Rp 1 juta tiap pelajar, sementara SD Rp 800 ribu per murid. Standar ini belum berubah, masih sama dengan tahun sebelumnya. Kami berharap ke depan dana BOS akan makin meningkat,” tutupnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top