Cegah TKI Jadi Kurir Narkoba, Kemanker Gandeng BNN – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Cegah TKI Jadi Kurir Narkoba, Kemanker Gandeng BNN

Hanif Dhakiri

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjalin kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk mencegah peredaran narkoba yang kerap melibatkan pekerja migran. Sekaligus melindungi para TKI dari jeratan pengedar narkoba internasional. Nota kesepahaman kerjasama tersebut ditandatangani oleh Menteri Tenaga kerja (Menaker)  Dalam rangka melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran g Hanif Dhakiri dan kepala BNN Komjen Budi Waseso di kantor Kemnaker selasa (12/12).

Komjen Budi menjelaskan bahwa penanggulangan bahaya narkoba pada dasarnya harus dilakukan secara sinergi dengan semua Kementerian dan Lembaga (KL). Kemenaker hanyalah salah satunya. Khusus Kemnaker, prioritasnya adalah mencegah TKI terseret dalam kegiatan jaringan narkoba internasional. “Baik yang bekerja di luar negeri, atapun yang di dalam negeri juga,” katanya. Budi menyebut, ada beberapa kasus yang telah ditangani oleh BNN. Di Jepara beberapa waktu lalu, pihak BNN menemukan seorang TKI yang dinikahi oleh pria yang masuk jaringan narkotika internasional. “Alamat rumahnya di indonesia dijadikan alamat pengiriman narkotika dari luar negeri,” kata Budi.

Meskipun Cuma satu-dua, hal tersebut sudah cukup menjadi alarm bagi BNN bahwa peredaran narkoba dengan memanfaatkan TKI rawan terjadi. Menurut Budi, harus sudah dicegah sejak dini tanpa menunggu terjadi kasus-kasus berikutnya.  Kedepan, kata Budi, BNN akan menyuplai informasi bagi Kemnaker tentang modus-modus operandi penyelundupan narkotika melalui kurir TKI. Sambil bersama-sama untuk melakukan langkah pengawasan.  Hanif memebenarkan, bahwa ada beberapa kasus dimana para TKI dimanfaatkan oleh jejaring peredaran narkoba untuk membawa masuk narkoba. “Kerjasama ini untuk memetakan dan memberikan tindakan untuk memastikan TKI tidak terjebak dalam jaringan peredaran narkoba,” Katanya.

Hanif menyadari, isu narkoba ini harus menjadi perhatian pemerintah karena terkait dengan generasi muda yang akan menguasai pasar kerja pada 2030. Untuk itu, Hanif meminta semua pihak mendukung gerakan BNN dalam memerangi narkoba. “Dalam rangka itulah sangat penting seluruh instansi pemerintah dan semua kelompok masyarakat mendukung berbagai bentuk perang melawan peredaran narkoba yang dipimpin BNN,” tutur Hanif.

Kerjasama dengan BNN ini, tambah Hanif, tidak hanya dilakukan untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba di internal Kementerian, tapi juga terhadap pekerja di perusahaan-perusahaan swasta. “Penanganan narkoba terhadap pekerja di perusahaan ini menjadi area yang bisa dijajaki Kemnaker dengan BNN. Mana saja yang masuk kewenangan Kemnaker, mana yang BNN akan kita petakan,” pungkas politikus PKB ini.(tau/jpg)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top