Pariwara
Edukasi

UHO Terima Hibah Aplikasi SIKD dari ANRI

Humas UHO for Kendari Pos
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UHO, Armid, M.Si., M.Sc., D.Sc (kanan) usai menerima hibah aplikasi SIKD dari Arsip Nasional Republik Indonesia di Jakarta, tanggal 4 Desember 2017 lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Halu Oleo (UHO) bersama 19 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, menerima hibah aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Aplikasi SIKD ini diserahkan oleh Deputi Pembinaan Kearsipan ANRI, Dr. H. Andi Kasman, MM., kepada Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UHO, Armid, M.Si., M.Sc., D.Sc, di Hotel Cosmo Amaroossa Jakarta, Senin (4/12) 2017 lalu.

SIKD merupakan model aplikasi sistem informasi yang dapat dipergunakan dalam pengelolaan arsip dinamis di lingkungan UHO sebagai organisasi pencipta arsip dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Armid, D.Sc. Kata dia, tujuan pemanfaatan teknologi E-arsip dalam bentuk aplikasi SIKD bagi organisasi yaitu kemudahan, kecepatan, efektivitas, efisiensi serta akuntabilitas dan pertangungjawaban perguruan tinggi sebagai instansi pencipta arsip. Penguatan manajemen kearsipan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui SIKD merupakan bagian tidak terpisahkan dari pengembangan birokrasi modern melalui peningkatan penyelamatan, pengamanan, dan pemanfaatan arsip yang berwujud tertib administrasi serta didukung dengan tata kelola arsip berbasis TIK.

“Selain UHO, aplikasi SIKD ini diberikan kepada 19 PTN lainnya di Indonesia, yakni Universitas Sumatera Utara, Universitas Patimura, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Tanjung Pura, Universitas Siliwangi, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian Bogor, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Batam, dan Politeknik Negeri Pemasyarakatan,” bebernya.

Universitas Halu Oleo sebagai pihak penerima aplikasi SIKD bertanggung jawab penuh terhadap source code dalam pengembangan fungsi aplikasi dan tidak memberikan dengan cara hibah atau komersil source original maupun source code hasil pengembangan aplikasi kepada pihak lain tanpa sepengetahuan dan seizing dari ANRI. Dalam penggunaan aplikasi SIKD ada empat intrumen pokok pengelolaan arsip dinamis berbasis TIK yang wajib disiapkan oleh masing-masing PTN selaku penerima hibah aplikasi SIKD.

Adapun empat instrumen pokok berbasis TIK yang harus disiapkan PTN, dijelaskan Kepala UPT Kearsipan UHO, Sitti Aisah Abdullah, SH., MH. Pertama tata naskah dinas merupakan pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi dan penyimpanan serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan.

Kedua, klasifikasi Arsip merupakan pengelompokan arsip menurut urusan atau masalah secara logis, kronologis dan sistematis Berdasarkan Fungsi Dan Kegiatan Organisasi Pencipta. Ketiga, jadwal retensi arsip (JRA) merupakan suatu daftar yang berisi sekurang-kurangnya jenis arsip beserta jangka waktu penyimpanannya sesuai dengan nilai kegunaan dan digunakan untuk pedoman penyusutan arsip.

“Instrumen terakhir yangharus disiapkan adalah sistem klasifikasi keamanan akses arsip dinamis. Klasifikasi keamanan arsip dinamis merupakan penggolongan arsip dinamis berdasarkan pada tingkat keseriusan dampak yang ditimbulkan terhadap kepentingan dan keamanan negara, public dan perorangan. Sedangkan klasifikasi akses arsip dinamis merupakan pengkatagorian pengaturan ketersediaan arsip dinamis sebagai hasil dari kewenangan hukum dan otoritas legal pencipta arsip untuk mempermudah pemanfaatan arsip,” tutup mahasiswa program doktor Universitas Airlangga Ssrabaya ini. (feb/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top