Pariwara
Konawe

Populasi Sapi Konawe Capai 54.758 Ekor

Jumrin

KENDARIPOS.CO.ID — Satu lagi capaian membanggakan pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe diakhir tahun ini. Sukses tersebut adalah mempertahankan swasembada daging nasional dengan hadirnya bibit baru yang mencapai 9.000 ekor sapi. Kini, jumlah sapi yang terdata di daerah lumbung beras itu sebanyak 54.758 ekor, dari sebelumnya hanya 45.692 sapi. Artinya, ada 9.066 ekor anak sapi baru lahir akhir tahun ini.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe, Jumrin mengakui, jumlah itu belum maksimal, dan akan lebih ditingkatkan ke depan. Pihaknya masih kekurangan inseminator atau tenaga inseminasi profesional. “Saat ini, inseminator kita baru 9 orang, sedangkan sapi ada puluhan ribu ekor. Maka, nantinya kita butuh tambahan tenaga inseminator,” ujarnya, Senin (11/12).

Selain itu, untuk menunjang program tersebut, pihaknya juga mengupayakan pengembangan program penghijauan pakan, yang berperan penting dalam keberhasilan peternakan. “Sekiranya 60 persen peran ada pada ketersediaan pakan ternak. Walau bagaimanapun, ketersediaan makanan sangat berpengaruh, sama seperti kita manusia, kalau kelaparan jadi susah kerja. Untuk itu, jangan saat populasi sudah banyak, tapi tidak ada pakan ternak, akhirnya akan banyak yang mati atau kualitas daging jadi menurun,” terangnya.

Menurut Jumrin, Konawe juga akan segera menjadi daerah berbasis ternak, maka ia mengupayakan menjaga ketersediaan pakan. Karena semakin banyak lahan yang digunakan untuk ternak. “Sudah ada perintah langsung dari bupati untuk mengawal populasi ternak dengan ketersediaan pakan yang cukup,” tandasnya. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top