Pariwara
Metro Kendari

Polda Sultra Bentuk Satgas Pangan

Wakapolda Sultra, Kombes Winarto (tiga dari kiri) memimpin pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Sultra. Satgas itu bertugas untuk memantau stabilitas harga komoditas pangan. Satgas tak segan-segan menindak pelaku usaha yang memainkan harga komoditas. Foto: Adwin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang hari raya, entah lebaran, natal dan tahun baru, harga komoditas selalu naik secara sepihak di pasaran. Ditengarai ada oknum yang memainkan harga-harga komoditas untuk mengeruk keuntungan besar.

Tapi, kali ini dipastikan tak ada lagi permainan harga. Polda Sultra sudah mengantisipasi sejak dini dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan. Satgas dibentuk untuk menjaga stabilitas harga pangan di pasaran dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru 2018.

Hal itu diungkapkan Wakapolda Sultra, Kombes Winarto usai menggelar video conpress bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Sultra, Brigjen Andap Budhi Revianto bersama kapolres jajaran di ruang Dhacara Polda Sultra, Senin (11/12). Lembaga terkait di Sultra pun turut hadir.

Kombes Winarto mengatakan Satgas Pangan dibentuk dengan melibatkan beberapa tim yang terdiri dari Dinas Pertanian Sultra, Badan Urusan Logistik (Bulog), dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)Kendari. Nantinya, Satgas akan melakukan operasi pasar mulai hari ini hingga dua bulan ke depan. Pengganti Kombes Bambang Priyambadha itu menuturkan Satgas akan membersihkan praktik curang yang dilakukan pedagang di pasar. “Jika kami dapatkan akan dikenakan sanksi. Adapun sanksinya bisa menyangkut pidana,” ujar Kombes Winarto, Senin (11/12).

Menurut Kombes Winarto, stabilitas harga komoditas tak luput dari perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menekankan agar harga pangan di daerah harus stabil. Misalnya, harga beras tidak boleh diutak-atik. Jangan dijual dengan harga tinggi karena hal itu berkaitan dengan potensi inflasi. “Ini yang ditekankan Bapak Presiden. Walaupun angka inflasi kita masih standar, namun kita tetap mengantisipasinya,” tambah Kombes Winarto.

Ditahun sebelumnya, pembentukan Satgas Pangan kata Kombes Winarto cukup memuaskan. Melalui operasi pasar, Satgas Pangan berhasil mencegah dan menindak para oknum pedagang yang mencoba memainkan harga pangan. “Dalam catatan kami, ada 4 orang yang dijeblosakan ke sel, atas tindakan permainan harga pangan tahun 2016. Makanya, untuk mencegah ini kembali, Satgas Pangan kembali dibentuk.Jadi, pada hari raya nanti dan menjelang tahun baru, itu biasanya sering terjadi. Kalau kami temukan kami tindak,” tegas Kombes Winarto. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top