Pariwara
Buton

Mendagri Percepat Pergantian Bupati Buton

La Bakry

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengistruksikan agar proses pergantian Bupati Buton dipercepat. Dia ingin proses pemerintahan di Buton segera berjalan normal. “Kalau usulan pergantian sudah masuk, secepatnya diproses,” ujar Tjahjo, senin (11/12).

Dia menilai sangat penting secepatnya ada bupati definitif supaya proses pemerintahan berjalan sebagaimana adanya. Sebab, kalau masih berstatus plt, biasanya agang canggung mengambil keputusan. “Makanya, saya minta secepatnya diproses,” katanya.

Proses pergantian pucuk pimpinan Kabupaten Buton telah diusul ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Usulan tersebut setelah incrachnya persoalan hukum yang menjerat Bupati Buton nonaktif Samsu Umar Abdul Samiun pada September lalu.

Sementara soal agenda pelantikan, Karo Pemerintahan pemprov Sultra, La Ode Ali Akbar belum mau membeberkannya. “Kita baru mengusul prosesnya di Kemendagri. Kita serahkan salinan putusan incrach kasus Bupati Buton sebagai dasar pemberhentiannya. Setelah masuk suratnya tergantung Kemendagri seperti apa putusannya,” kata Ali Akbar, senin (11/12) di Jakarta.

Saat ini, posisi Pemprov Sultra adalah menunggu balasan dari Kemendagri, tentang persetujuan pelantikan La Bakry jadi Bupati Buton. Bila usulan itu sudah dibalas, maka proses pelantikannya akan segera di gelar.

Untuk mempercepat proses pengusulan, dirinya telah mendatangi langsung Mendagri sebagai tindak lanjut dari Pemprov Sultra. Itu menandakan bahwa pelantikan La Bakry sebagai Bupati definitif Buton harus segera dilakukan. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top