KPU Sultra Komitmen Wujudkan Pilkada Berkualitas – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

KPU Sultra Komitmen Wujudkan Pilkada Berkualitas

Ketua KPU Sultra Hidayatullah (keempat dari kiri) berkunjung ke Graha Pena Kendari Pos, senin (11/12). Diterima langsung Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (kelima dari kiri) beserta jajaran. Usai berdiskusi tentang persiapan KPU menghadapi pilgub Sultra tahun depan, sempatkan foto bersama. Foto: LM Syuhada/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun depan bakal menjadi ujian nyata bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Terutama di Sultra, pertama kalinya pemilihan gubernur (pilgub) bersamaan dengan pemilihan bupati dan wali kota sekaligus. Situasi ini bakal membuat fokus penyelenggara terpecah, sehingga bisa mempengaruhi kualitas hajatan demokrasi.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah sangat memahami situasi ini. Makanya, sejak jauh hari, dia sudah mengingatkan seluruh jajarannya di daerah supaya meningkatkan kualitas diri. Terutama pemahaman tentang regulasi pilkada. “Komitmen kita adalah menciptakan pilkada berkualitas dari segala aspek,” ujar Hidayatullah saat berbincang dengan Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran di lantai II Graha Pena Kendari Pos, senin (11/12).

Indikator pilkada berkualitas, kata dia, tidak hanya sukses melahirkan kepala daerah hasil pilihan rakyat. Lebih dari itu, bisa dinilai dari proses pelaksanaannya. “Hal paling penting adalah menyadarkan pemilih supaya ikut berpartisipasi dalam pilkada. Dengan begitu, maka kepala daerah yang dihasilkan juga bisa lebih berkualitas,” jelasnya.

Dayat–begitu biasa pria murah senyum ini disapa menjelaskan, KPU tak hanya sekadar mengejar kuantitas partisipasi pemilih. Tapi lebih dari itu, bagaimana mencerdaskan masyarakat dalam menghadapi euforia pilkada. “Masyarakat juga harus disadarkan untuk tidak terprovokasi dengan berita hoax yang bisa mengganggu stabilitas selama pilkada berlangsung,” katanya.

Tak hanya kepada masyarakat, mantan Ketua MARA Sultra juga mengingatkan seluruh penyelenggara agar memperhatikan kode etik profesi selama melaksanakan tahapan pilkada. Misalnya, tidak boleh masuk tempat hiburan malam (THM), tak boleh tampil di media luar ruang (baliho) dan sebagainya. “Semua itu dilakukan supaya netralitas penyelenggara terjaga,” ungkapnya.

Lebih jauh Dayat menjelaskan, imbauan serupa juga ditujukan kepada para kandidat. Terutama untuk menghindari black campaign 9kampanye hitam,red) selama tahapan pilkada berlangsung. Sebab, sulit mendapatkan pilkada berkualitas kalau pihak-pihak yang terlibat di dalamnya tidak memiliki komitmen sama. “Regulasinya jelas, ada sanksi tegas bagi kandidat yang terbukti melakukan black campaign,” tambahnya.

Mantan Ketua KPU Kota Kendari ini menyadari, semua upaya KPU tidak akan terlaksana maksimal tanpa dukungan media, salah satunya Kendari Pos. Menurut dia, media dengan tagline Santun dan Menginspirasi ini bisa menjadi sarana edukasi yang positif bagi masyarakat. “Selama ini Kendari Pos telah menjalankan fungsi itu. Sekarang tinggal bagaimana mengemas sebuah kegiatan yang bisa melibatkan masyarakat dalam memahami pilkada,” terangnya.

Supaya masyarakat bisa lebih memahami tentang pilkada, mantan Ketua KNPI Sultra ini menilai penting kiranya digelar diskusi tentang pilkada tanpa hoax dengan menghadirkan berbagai elemen masyarakat. Di dalamnya, segala hal yang berkaitan dengan pilkada, mulai regulasi hingga hal lainnya akan dikupas tuntas. “Saya berharap semua elemen bisa terlibat di dalamnya, termasuk media,” terangnya.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengungkapkan, Kendari Pos memiliki tanggung jawab besar dalam menyukseskan pilkada. Termasuk menjadikan masyarakat cerdas menghadapi pesta demokrasi. “Kami menyadari kalau masyarakatnya cerdas memilih pemimpinnya, maka kepala daerah yang dilahirkan juga pasti berkualitas,” ujar Irwan.

Tak hanya itu, Kendari Pos juga tetap akan menjunjung tinggi nilai-nilai keberimbangan sesuai ketentuan undang-undang dalam menghadapi pilkada. Meski demikian, sebagai media dengan segala fungsi yang melekat padanya, Kendari Pos hanya menyiapkan panggungnya. “Bagi kontestan yang mau, silahkan memainkan peran dan memanfaatkan panggung tersebut,” katanya.

Banyak hal sebenarnya yang dibicarakan pada kesempatan itu. Hanya poin pentingnya adalah komitmen bersama untuk mengawal pilkada serentak 2018 mendatang. Sebab, di daerah ini ada beberapa pilkada digelar. Mulai Pilgub Sultra, Pilwali Baubau, Pilbup Kolaka dan Konawe. Khusus pilgub, rencananya pendaftaran pasangan calon dimulai 8 Januari mendatang. (b/wan/ing)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top