Pariwara
Buton

Kapolres Buton Pantau Harga Jelang Natal

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang perayaan natal dan tahun baru, Kepolisian Resor (Polres) Buton bersama instansi terkait akan memantau perkembangan harga pangan secara intensif. Opsi operasi pasar pun akan dilakukan untuk memastikan kondisi harga tetap terjangkau. Selain itu, kepolisian juga akan melakukan pengawasan terhadap aksi spekulasi hingga penimbunan stok dagangan.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman mengatakan, operasi pasar sudah merupakan instruksi langsung Kapolri, Menteri Pertanian, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Bulog, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Kapolres sendiri akan melakukan pemantauan di wilayah hukumnya (Buton dan Buton Selatan) hingga seminggu ke depan. “Pantauan kami terutama pada kebutuhan pangan. Tujuannya agar harga harus tetap terjangkau,” jelas AKBP Andi Herman usai melakukan rapat terpadu bersama intansi terkait seperti Bulog, BPOM, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian di aula Polres Buton, senin (11/12).

Menurut orang nomor satu di Polres Buton itu, tidak ada batasan waktu dalam operasi pasar nantinya karena disesuaikan dengan kondisi daerah. Meski dari Bulog Provinsi Sultra, operasi hanya akan dilakukan selama dua hari, terhitung sejak Selasa (12/12) hari ini. “Dilakukan pada semua pasar utama di Buton dan Busel,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Buton, Sadisu mengatakan, pada operasi pasar itu akan dititik beratkan pada produk hasil industri seperti terigu dan gula pasir. Namun menurut dia, produk pangan cenderung tidak terlalu fluktuatif. “Tapi kita tetap waspada tentang kenaikan produk industri itu sendiri jangan sampi ada yang lakukan penimbunan atau sejenisnya sehingga mengakibatkan harga tidak stabil,” singkatnya.

Diwaktu yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Azizu memprediksi komoditas cabai dan bawang bisa juga mengalami kelangkaan. Hal itu sesuai pantauan beberapa hari terakhir. “Kedua komoditi itu masih disuplai dari luar, Baubau dalam hal ini,” ucap Azizu.

Sekretaris Dinas Pertanian Buton Selatan, Muhammad Rais yang hadir dalam rapat tersebut juga menambahkan, untuk wilayahnya, operasi pasar sangat diperlukan. Sebab di otorita Bupati, Agus Faisal Hidayat itu hanya ada satu pasar utama. Belum lagi mayoritas kebutuhan pangan didistribusi dari Kota Baubau. “Operasi ini kami koordinasi juga dengan Bulog Baubau,” tambahnya. (b/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top