Pariwara
Kesehatan

Ini Penyebab Nyeri Sendi Saat Jogging

Olahraga lari. Foto: Health

KENDARIPOS.CO.ID — Olahraga, dalam hal ini jogging, dibutuhkan untuk melindungi persendian dan kartilago di lutut kita. Kendati demikian, ada mitos yang beredar di luar sana yang mengatakan bahwa kebiasaan jogging justru adalah salah satu pemicu dari masalah sendi itu sendiri. Benarkah demikian?

“Pelari bertumpu pada lutut mereka ketika jogging, jadi masuk akal juga mempercayai (mitos) itu,” kata ahli bedah ortopedi, Dr. Howard Luks seperti dikutip dari Express.co.uk.

Namun, lanjut dia, tidak ada bukti yang menguatkan bahwa jogging menyebabkan osteoarthritis. Malahan, manfaatnya secara keseluruhan mengalahkan kerusakan jangka pendek yang disebabkannya.

Setelah berlari, kartilago atau tulang rawan akan terbentuk ulang dan terlihat memperbaiki dirinya sendiri dalam keadaan normal.

“Menariknya, pada pelari yang memiliki osteoarthritis, aktifitas berlari mereka dapat membantu memperlambat progress dari penyakit itu,” ungkap Dr. Luks.

Osteoarthritis adalah suatu kondisi dimana berkurangnya tulang rawan sendi dan menyebabkan tonjolan tulang pada permukaan sendi.(ruf/fajar)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729