Pariwara
Metro Kendari

Dikbud Tertinggi, Disdukcapil Terendah

KENDARIPOS.CO.ID — Konsep anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2018 sudah disepakati oleh eksekutif dan legislatif. Kini tinggal menunggu hasil evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk ditetapkan sebagai produk hukum yang sah. Meski belum disahkan sebagai peraturan daerah (Perda), namun plot-plot anggaran kemungkinan tak berubah lagi.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sultra, Nasir Andi Baso mengatakan total APBD tahun 2018 adalah adalah Rp 3,5 triliun. Dengan komposisi Rp 2,2 triliun belanja tak langsung dan Rp 1,3 triliun belanja langsung. “Tahun ini sama dengan tahun lalu Rp 3,5 triliun, Rp 2,2 miliar untuk gaji pegawai dan Rp 1,3 triliun belanja modal pembangunan,” ujar Nasir Andi Baso, Senin (11/12).

Lanjut dia, dalam draf APBD yang sudah mendapat persetujuan dewan itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra menjadi instansi pengelola anggaran terbesar. Anggarannya mencapai Rp.1,051 triliun. Sedangkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sultra mendapat porsi anggaran paling sedikit, hanya sekira Rp. 5,2 miliar. Lihat grafis.

“Di Dikbud itu ada dana alokasi khusus (DAK), di BPKAD ada transfer dana bantuan operasional sekolah (BOS). Sedangkan Disdukcapil itu soal data-data kependudukan,” jelasnya.

Masih kata mantan Kepala Inspektorat Sultra ini, konsep APBD itu sudah proporsional sesuai dengan program-program strategis yang diusulkan oleh setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Kita banyak membiayai proyek fisik soal jalan, karena itu prioritas. Pendidikan dan kesehatan itu juga prioritas makanya dinas-dinas yang menangani ini dapat anggaran besar itu tadi,” tambahnya. (ely)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top