Wakatobi Jadi Prioritas Kementerian PUPR – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Wakatobi Jadi Prioritas Kementerian PUPR

Bupati Wakatobi, Arhawi Ruda

KENDARIPOS.CO.ID — Kualitas rumah swadaya di sejumlah kawasan bakal ditingkatkan tahun depan. Direktur Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Johny Fajar Sofyan Subrata menjelaskan, ada 12 kawasan yang menjadi prioritas peningkatan kualitas rumah swadaya. Salah satunya kawasan wisata Kabupaten Wakatobi. “Ada ribuan bantuan rumah swadaya bakal disalurkan. Kabupaten Wakatobi dapat 300 rumah swadaya,” ungkap Fajar Sofyan, minggu (10/12).

Dia menambahkan, ada 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) ditambah dua kawasan seperti arahan Presiden Joko Widodo.
Rinciannya, selain Wakatobi ada Danau Toba yakni 1.400 rumah yang diperbaiki, Kepulauan Seribu 150 rumah, Mandeh 347 rumah, Tanjung Kelayang 150 rumah, dan Tanjung Lesung 200 unit rumah. Lalu di Borobudur 500 rumah, Bromo 900 rumah, Mandalika 200 rumah, Labuan Bajo 350 rumah, Morotai 200 rumah dan Toraja 200 rumah.

Dia mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan berupa dana yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membenahi rumah mereka. Ada empat kategori pembiayaan. Yakni pembangunan baru, peningkatan kualitas rumah rusak ringan, sedang, dan berat. Untuk pembangunan baru, pemerintah mengalokasikan Rp 30 juta per unit. Untuk peningkatan kualitas rumah rusak ringan, pemerintah akan membantu Rp 7,5 juta. ”Untuk rumah rusak sedang Rp 10 juta dan rumah rusak berat Rp 15 juta,” kata dia.

Program peningkatan kualitas rumah di kawasan wisata juga sudah dilakukam tahun ini. Namun, hanya lima KSPN yang menjadi prioritas. Yakni Borobudur, Danau Toba, Gunung Bromo, Mandalika, dan Labuan Bajo. Danau Toba mendapat alokasi bantuan untuk 704 rumah, Mandalika 200 rumah, Labuan Bajo 360 rumah, Borobudur 360 rumah, dan Bromo 503 rumah.

Menurut Johny, hingga Desember ini pencapaiannya sudah 90 persen dari rencana awal. Beberapa memang masih dalam tahap penyelesaian pembangunan. Ditargetkan akan selesai pada akhir tahun ini. ”Sampai akhir tahun ini, kami optimis (akan selesai semua),” ungkap dia. Anggaran pembangunan rumah swadaya pada 2018 memang meningkat. Pada 2017, pemerintah menganggarkan Ro 1,930 triliun untuk rumah swadaya. Tahun depan, anggarannya menjadi Rp 3,259 triliun.

Bupati Wakatobi, Arhawi menyambut baik perhatian Kementerian PUPR tersebut. Dia mengaku akan terus membangun komunikasi dengan pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan di daerahnya dari segala aspek. “Komitmen kita adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata pasangan Ilmiati Daud ini. (b/yog/oki)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top