Pariwara
Kolaka

Upah Pembersih Jalan di Kolaka Diusul Naik

KENDARIPOS.CO.ID — Upah tenaga pembersih jalan yang setiap hari bertugas menata ruas pada dua kecamatan yaitu Kolaka dan Latambaga diakui masih di bawah standar minimum kabupaten. Padahal, piala Adipura yang diraih Bumi Mekongga selama 11 kali berturut-turut hingga tahun 2015 lalu, tak lepas dari peran para pembersih jalan.

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kolaka, Bakri Balusu mengatakan, saat ini upah pembersih jalan masih sebesar Rp 50 ribu per hari. Namun kata dia, pihaknya telah mengusulkan agar upah tersebut dinaikkan hingga sebesar 50 persen di tahun 2018 mendatang.

“Tahun depan kami akan berusaha naikan menjadi Rp 75 ribu per hari. Walaupun nantinya kenaikannya tidak bisa mencapai Rp 75 ribu, kami berharap ada peningkatan. Tapi kami masih tetap berusaha agar bisa maksimal,” ujarnya, minggu (10/12).

Mantan Kadis Perhubungan Kolaka tersebut menuturkan, meskipun APBD tahun 2018 telah ditetapkan, namun kenaikan upah pembersih jalan saat ini masih dalam proses pengkajian. Besaran kenaikan upah pembersih jalan nantinya tergantung pagu anggaran yang diberikan. “Kami masih sementara atur. Kalau kondisi pagu yang diberikan sedikit, maka kami akan hanya naikkan sekitar Rp 60 ribu hingga Rp 65 ribu. Tapi kami berharap bisa Rp 75 ribu per hari agar kesejahteraan dan kinerja penyapu jalan bisa lebih meningkat,” kata Bakri.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kolaka, Amiruddin Massang mengatakan sangat mendukung rencana kenaikan upah pembersih jalan di Kolaka. Sebab menurut Legislator PAN tersebut, pasukan orange punya peran paling besar dalam menjaga kebersihan kota. “Kalau menurut saya, sebaiknya Pemkab Kolaka menaikkan upah para pembersih jalan. kasihan mereka dari subuh sudah ada di jalan membersihkan,” tuturnya. (b/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top