Pariwara
Konawe Utara

PT Konutara Didesak Realisasikan CSR di Konut

Raup

KENDARIPOS.CO.ID — Kerisauan warga Desa Morombo Pantai, Kecamatan Langgikima yang belum mendapat dana corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan tambang berbendera PT Konutara Sejati (KS) sudah didengar Wakil Bupati Konawe Utara (Konut), Raup.

Iapun mendesak agar pihak perusahaan merealisasikan apa yang menjadi tanggung jawabnya. Apalagi undang-undang sudah memerintahkan untuk memberikan bagian dari hasil keuntungan perusahaan dalam mengeruk hasil sumber daya alam (SDA). “Perusahaan (KS) harus wajib keluarkan CSR. Itu sudah menjadi perintah undang-undang. Apalagi mereka memiliki konsensus khusus di sana. Jadi informasi ini kita akan tindaklanjuti dengan memanggil pihak perusahaan,” tegas Raup, Sabtu (9/12) lalu.

Bila pihak perusahaan mengabaikan perintah undang-undang itu, maka PT KS akan berhadapan langsung dengan hukum. “Tanpa ada konsensuspun CSR itu wajib diberikan karena perintah undang-undang. Bukan keinginan semata dari masyarakat. Sebab dana itu merupakan tanggung jawab sosial perusahan pada warga,” sindir Ketua DPD II PAN Konut itu.

Mantan Ketua DPRD Konut tersebut menambahkan, masuknya perusahaan di tengah masyarakat dipastikan akan membawa perubahan. Baik aspek ekologi, iklim sosial dan ekonomi. Termasuk sumber energi air maupun oksigen. “Pemkab mendesak agar pihak KS sedapat mungkin menghargai perintah undang-undang sesuai konsensus yang telah mereka buat,” desaknya lagi.

Raup menambahkan, Pemkab akan memerintahkan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Konut untuk memantau aktivitas penambangan PT Konutara Sejati di Desa Morombo Pantai. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top