Pariwara
Muna

Pemkab Muna Usul 12 OPD Naik Status

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna akan mengusulkan peningkatan status bagi 12 organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada. Perubahan instansi dari tipe B ke A itu, sementara dalam penggodokan. Hal ini dilakukan setelah melihat dan menganggap, kewenangan instansi teknis yang besar dengan beban kerja banyak. Makanya dianggap perlu untuk disejajarkan dengan satuan kerja yang lebih dulu bertipe A. Namun, dari usulan ini, hanya Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman yang diusulkan ke tipe B.

Kabaghumas Pemkab Muna, Amiruddin Ako mengaku, status instansi diubah berdasarkan jumlah kewenangan. Semakin banyak pekerjaannya, maka kian besar pula poin. Makanya, dengan usulan ke tipe A, jumlah bidangnya juga bertambah. Sudah pasti, menjadi empat bidang kerja. “Instansi ini kan besar sekali kerjanya. Misalnya, Dinas Perikanan. Selain, membidangi budi daya laut, juga air tawar. Ini menjadi acuan. Begitu pula dinas-dinas lain, ” ujar Amiruddin Ako, saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Meski dilakukan pengusulan ke tipe A, kata Amiruddin, pejabatnya tetap diduduki eselon II. Hanya, bidangnya saja bertambah. Untuk itu, pengusulan itu berdasarkan rujukan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2015 terkait OPD. Dalam aturan ini, telah dirinci berdasarkan kewenangan.

“Pihak Ortala juga telah mengkaji. Ada beberapa dinas harus dinaikkan statusnya,” pungkasnya. 12 OPD yang diusul naik status dari tipe B ke A yakni, Dinas Perikanan, Kepemudaan dan Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Badan Perencanaan Pembangunan, Badan Pendapatan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Ketahanan Pangan serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Sementara, dua instansi dari tipe C yang diusul adalah, Dinas Koperasi dan UKM serta Badan Penelitian dan Pengembangan. Termasuk, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. (c/ery)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top