KPU Koltim Tawarkan Tiga Opsi Pembagian Dapil – Kendari Pos
Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

KPU Koltim Tawarkan Tiga Opsi Pembagian Dapil

Darwis

KENDARIPOS.CO.ID — Menghadapi pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim) mulai menggodok pembagian daerah pemilihan (Dapil). Berdasarkan estimasi KPU, jumlah Dapil di daerah otorita Tony Herbiansyah ini dipastikan akan bertambah. Bila Pemilu 2014 lalu, Koltim dibagi dalam dua Dapil. Pada tahun ini bertambah antara tiga hingga lima Dapil.

Ketua KPU Koltim, Darwis mengatakan pembagian Dapil untuk Pilcaleg mendatang belum rampung. Saat ini, pembahasannya masih diinternal KPU. Namun demikian, pihaknya telah menyiapkan tiga opsi yang akan ditawarkan ke partai politik (Parpol).

Opsi pertama lanjutnya, Dapil akan dibagi menjadi tiga, empat dan lima. Adapun kecamatan yang tergabung dalam setiap Dapil masih belum ditetapkan. Kendati begitu, landasan pembagian Dapil tetap merujuk pada peraturan KPU dan UU Pemilu.

“Untuk saat ini, saya belum ingin menjabarkan satu persatu. Sebab semuanya masih dikondisikan. Pastinya, kami masih terus menyerap aspirasi masyarakat, saran dan masukan semua stakeholder terkait proporsi pembagian dapil di Koltim dan harus berdasarkan undang-undang,” tandasnya saat dikonfirmasi melalui telepon, Minggu (10/12).

Bila melihat perkembangan penduduk yang terus bertambah, pembagian Dapil di Koltim bisa lebih banyak. Yang pastinya, setiap Dapilnya akan disesuaikan dengan jumlah pemilih dan kursi di DPRD. Namun lagi-lagi ia enggan memastikan berapa jumlah Dapil dan kursi DPRD Koltim.

“Saya belum bisa pastikan ada berapa kecamatan satu dapil dan jumlah dapil yang disepakati karena masih bergulir sosialisasi pembagian dapil ini. Tunggu saja ada waktunya itu kita akan disampaikan dipublik,” jelasnya.(b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top