Pariwara
Metro Kendari

Kapal Penyeberangan Bokori Difasilitasi Life Jacket

Kampanye kesehatan pelayaran yang diinisiasi Dishub Sultra , KSOP Kendari dan Dirjen Perhubungan Laut dan Perhubungan RI. Dalam kegiatan itu, nahkoda kapal tradisional yang aktif antar jemput penumpang ke Pulau Bokori duberukan bantuan life jaket. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Nakhoda kapal tradisional yang aktif antar jemput penumpang yang akan berkunjung ke Pulau Bokori mendapat bantuan life jacket (jacket pelampung) dari regulator pelayaran. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari memberikan bantuan dalam acara sosialisasi keselamatan berlayar yang digelar di pelabuhan khusus milik Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra. Puluhan nakhoda hadir dalam kegiatan yang didukung Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan itu.

Kepala KSOP Kendari, Israyadi mengatakan pemilihan Desa Bokori sebagai lokasi sosialisasi keselamatan berlayar itu karena banyak pertimbangan. Salah satunya adalah karena Bokori dikenal sebagai desa wisata unggulan Sultra. “Dari hitungan kami ada lebih dari 100 kapal yang mengantar penumpang dari sini (Soropia) ke Pulau Bokori, karena ini daerah wisata yang setiap hari ada banyak orang menggunakan kapal ke sana,” ujar Israyadi di lokasi sosialisasi, Sabtu (9/12) lalu.

Olehnya itu, demi menjaga keselamatan nahkoda dan penumpang maka difasilitasi life jacket. “Ada 100 life jacket kita bagikan ke pemilik kapal. Sebenarnya kebutuhannya lebih banyak dari itu tapi kita berharap mereka tambah sendiri,” ungkap Israyadi.

Israyadi menegaskan ke depan semua kapal yang aktif mengantar penumpang sudah harus memiliki izin berlayar. Izin itu dikeluarkan oleh Dishub Sultra. Menanggapi hal ini, Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina yang membuka acara itu mengatakan pihaknya akan menyelesaikan pelabuhan khusus terlebih dulu. Selanjutnya membuat Pergub untuk mengatur lalu lintas laut di sana. “Dermaga ini kita selesaikan dulu. Nantinya, siapa pun pengelolanya akan kita buatkan aturan termasuk dengan izin-izin kapal yang ada di sini, kita yang keluarkan (izin). Saat ini baru tahap sosialisasi,” ujar Hado Hasina.

Mantan Sekda Butur itu menegaskan pengembangan kawasan wisata Pulau Bokori tengah menjadi prioritas bagi Pemprov Sultra. Olehnya itu, kerja sama dengan semua pihak perlu dimaksimalkan. Karenanya ia mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh KSOP Kendari itu. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top