Dikbud Konawe Minta Tambah Guru Dacil – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

Dikbud Konawe Minta Tambah Guru Dacil

Jumrin Pagala

KENDARIPOS.CO.ID — Pendidikan bagi masyarakat, utamanya yang berada di daerah terpencil menjadi perhatian besar bagi pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe. Namun demikian, tidak semua pengajar mau dengan sukarela ditempatkan pada daerah pelosok, apalagi tanpa fasilitas penunjang lebih. Makanya, program guru daerah terpencil (Dacil) dianggap sangat membantu pemerataan pendidikan di daerah.

“Kendalanya, belum semua daerah terpencil di Konawe mendapatkan kuota guru Dacil. Makanya, kami masih bingung, bagaimana kriterianya suatu daerah dikatakan terpencil. Padahal kita tahu bersama kalau di Latoma Tua itu cukup bisa dikatakan terpencil. Kami sudah mempertanyakan itu dan berupaya memenuhi persyaratan dari pemerintah pusat,” ungkap Kepala Dikbud Konawe, Jumrin Pagala, minggu (10/12).

Ia mengaku, tahun ini Konawe mendapatkan kuota 87 guru Dacil yang akan disebar pada beberapa kecamatan, seperti Routa, Wonggeduku, Wawotobi dan Asinua Tua. Namun, masih ada daerah juga membutuhkan bantuan guru Dacil, yang belum kebagian. “Ya, ini karena bukan kami yang menentukan daerah itu dikatakan sangat terpencil atau tidak. Semua langsung dari Kementerian desa PDTT. Makanya, kita masih cari tahu kriterianya,” sambung Jumrin Pagala.

Ia berharap bisa mendapatkan tambahan kuota, dengan mengusul beberapa nama wilayah yang dianggap memenuhi syarat dikatakan desa tertinggal, supaya diberikan bantuan guru Dacil. “Untuk tahun 2018, kita upayakan ada penambahan kuota guru Dacil, supaya pendidikan di Konawe ini bisa merata sampai ke pelosok desa,” tandasnya. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top