Pariwara
Buton Tengah

Buteng Gabung Empat Sekolah

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Buton Tengah (Buteng) menggabung empat Sekolah Dasar (SD) menjadi dua. Alasannya, selain lokasi yang berdekatan, jumlah siswa dalam setiap rombongan belajar (Rombel) juga sangat kurang. Apalagi didukung dengan tenaga guru yang minim. Makanya, kebijakan merger diharapkan bisa jadi solusi.

Kabid Dikdas Dikbud Buteng, Nafiu, M.Pd, mengatakan, sekolah yang dimerger adalah SDN 2 dan 3 Lamena menjadi SDN 5 Mawasangka Timur. Kemudian SDN 1 dan 2 Wasilonata I digabung menjadi SDN 8 Mawasangka. Rencananya, kebijakan tersebut akan efektif berlaku pada Januari 2018 mendatang. Semua dianggap sudah sesuai regulasi yang ada.

“Sebenarnya dengan ada peraturan bupati nomor 14 tahun 2017 yang terbit pekan kedua November tahun ini, merger sekolah sudah berlaku. Namun, kami masih melakukan berbagai persiapan agar proses merger tidak bermasalah nanti,” ungkapnya, minggu (10/12). Saat ini pihanya sementara menginput data pokok pendidikan (Dapodik), utamanya terkait data peserta ujian nasional untuk yang sudah digabung. Selain itu, Dikbud Buteng juga harus mempersiapkan surat dan stempel untuk sekolah yang dimerger. Kebijakan itu merupakan hasil kajian yang sudah disosialisasikan pada masyarakat.

“Kebijakan merger ini sangat menghemat anggaran yang digunakan, selain itu meningkatkan standar pelayanan. Pasalnya, banyak ruang kosong bisa digunakan jadi tempat guru, perpustakaan, laboratorium, UKS, musala dan sebagainya,” jelas Nafiu. Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya pemberlakuan nomenklatur baru untuk penamaan SMP dan SD. SMP yang sebelumnya menggunakan nama kecamatan kini menjadi kabupaten. Demikian juga dengan SD yang menggunakan nama desa harus diubah dengan nama kecamatan.

“Kami sementara mempersiapkan nomenklatur baru untuk nama sekolah ini. Kami menunggu surat resmi Dikbud Buteng terkait pergantian nama sekolah,” tutupnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top