Pariwara
Muna

2018, Muna Masih Bedah Rumah di Katobu

KENDARIPOS.CO.ID — Meski tak berjalan sesuai harapan, program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) masih akan dilakukan di Kecamatan Katobu, Kota Raha, pada 2018 mendatang. Diproyeksikan, sebanyak 285 unit rumah warga akan dibedah. Program tersebut sekaligus untuk menata kawasan perkotaan, sesuai misi Bupati Muna, LM Rusman Emba.

Makanya, program BSPS masih difokuskan pada area pemukiman kota.
Kadis Perumahan dan Pemukiman Muna, La Hayadi mengatakan, anggaran setiap unit hunian masih berkisar Rp 15 juta. Saat ini, pihaknya sedang menurunkan tim melakukan verifikasi di lapangan pada warga yang berhak mendapatkan program kota tanpa kumuh ini. Tentunya, jumlahnya, sesuai dengan kuota bantuan BSPS.

“Kita pilih lagi Katobu, karena mau tuntaskan program kota tanpa kumuh. Nanti, 2019, wilayah lain lagi,” kata La Hayadi, saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.
Mantan Kadis Perhubungan ini tak berkomentar banyak terkait program BSPS. Pasalnya, bantuan bedah rumah menjadi hunian layak, masih sama dengan program tahun ini. Mulai dari persyaratan hingga lainnya, sesuai petunjuk teknis.

“Dinas menyiapkan bahannya dan mendistribusikan ke warga. Sesuai kebutuhannya dengan anggaran yang ada,” katanya. Hayadi juga menyampaikan, bantuan yang dikucurkan di Muna dalam program sejuta rumah yakni 50 unit di kampung nelayan. Bantuan tersebut akan direalisasikan ke nelayan Lakarinta Meleura, Kecamatan Lohia. Pihaknya juga masih melakukan persiapan administrasi serta evaluasi. “Kita pastikan dulu lokasinya, terkait kelayakan. Evaluasi pemerintah pusat itu layak. Kalau masalah sertifikat, staf bersama Asisten I sudah ke sana untuk menyelesaikan,” tandasnya. (c/ery)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top