Pariwara
Muna

Lelang Jabatan Maksimalkan Pendapatan Muna

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Muna sangat minim. Banyak program pemerintah kabupaten (Pemkab) tak memungkinkan untuk diakomodir setiap tahun anggaran. Apalagi, gagasan Bupati Muna melalui sektor pariwisata, membutuhkan biaya banyak. Makanya, organisasi pemerintah daerah (OPD) dituntut mampu menerjemahkan serta merealisasikan program yang telah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Untuk mewujudkan program tersebut, Bupati Muna, LM Rusman Emba membutuhkan pejabat kompeten dalam menjalankan tugas pokok serta fungsinya. Apalagi setiap tahun, daerah menargetkan capaian pendapatan asli daerah (PAD) hingga Rp 60 miliar. Makanya, lelang jabatan dimaksudkan untuk memaksimalkan pendapatan.

“Job fit sudah kita lakukan. Ini untuk melihat standar kompetensi pejabat. Apalagi, kita memiliki target besar. Pencapaian kita sangat kecil yakni Rp 38 miliar saja dari target Rp 50 miliar hingga Rp 60 miliar. Kita butuhkan orang-orang yang mampu mencapai itu,” tegas LM Rusman Emba, saat ditemui di ruang kerjanya, jumat (8/12).

Makanya, kata Rusman, tahapan job fit yang dilakukan Lembaga Administrasi Negara (LAN), merupakan serangkaian lelang jabatan pada posisi eselon II. Sehingga, pejabat yang lulus nanti, memiliki kemauan serta punya daya saing. “Kalau lakukan pergantian begitu saja, kita dinilai melakukan secara masif. Akhirnya, tercipta kegaduhan. Makanya, lelang jabatan sesuai mekanisme,” argumennya.

Persentase nilai ujian akan diakumulasi. Mulai dari nilai yang diperoleh melalui LAN dengan rata-rata 35 persen, serta dari panitia seleksi 45 persen. Selebihnya, keputusan penuh ada pada bupati. “Bagi pejabat yang tidak mengikuti job fit waktu itu, kita akan carikan segmen lain. Yang pasti, standar keputusan ada pada saya. Sehingga, memang terukur,” klaim Rusman Emba.

Tahun 2018 nanti, lanjut mantan senator DPD RI ini, semua mulai berinovasi dengan anggaran yang cukup. “Bagaimana investor mau menanamkan modal di daerah ini kalau pejabat OPD tak mampu bekerja secara maksimal. Apalagi, investasi dilihat jumlah penduduknya. Kita harus ubah diri. Muna sangat luas sekali. Bagaimana kegiatan ekonomi berjalan dengan bagus, harus ditaktisi semua. Untuk itu, pejabat harus dituntut kompeten,” tandas suami dari Yanti Setiawati ini. (b/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top