Enam Daerah Belum Serahkan APBD 2018 – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Enam Daerah Belum Serahkan APBD 2018

KENDARIPOS.CO.ID — 30 November lalu merupakan batas waktu persetujuan Raperda APBD 2018 antara eksekutif dan legislatif di kabupaten dan kota di Sultra. Setelah disetujui, dokumen itu selanjutnya diserahkan ke pemerintah tiga hari setelahnya. Namun hingga batas waktu yang dijadwalkan Kementerian Dalam Negeri itu berakhir, rupanya masih ada daerah yang hingga saat ini belum menyerahkan dokumen APBD-nya ke Pemprov Sultra untuk dievaluasi.

Fakta itu diungkapkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Sultra, Hj. Isma. Dia mengatakan hingga deadline, 6 Desember lalu hanya 8 daerah yang menyerahkan konsep pengelolaan keuangan daerah itu. “Satu daerah lewat satu hari, yaitu Kolaka Timur tapi kita terima. 9 daerah ini sementara kita evaluasi, kita punya waktu 15 hari kerja terhitung tanggal 6 itu,” ungkap Isma saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/12). Lihat grafis.

Selanjutnya dua daerah sudah menyerahkan tetapi dokumennya dianggap tidak lengkap dan belum bisa dievaluasi. Sehingga masih ditunggu berkas lainnya. “Ini yang Busel dan Buteng hanya nota kesepahamannya saja, APBD belum masuk. Jadi belum lengkap,” tukasnya.

Sementara 6 daerah lain, APBD-nya belum masuk ke BPKAD Sultra. Itu dianggap sudah sangat terlambat. Tak ada sanksi berat kata Isma namun 6 daerah itu harus melapor dulu ke gubernur untuk berkoordinasi. “Tidak ada sanksinya, tapi kalau semisal ada kita temukan masalah dan waktunya sudah tidak cukup lagi untuk perbaikan maka APBD-nya bisa saja tidak bisa ditetapkan. Hitung saja waktunya, kita periksa 15 hari, lalu perbaikan 3 hari. Nah, saat ini sudah tanggal berapa ?. Malah ada dua daerah saya dengar belum menetapkan hingga hari ini,” keluh mantan Kepala BPKAD Konsel ini. Padahal sejak awal bulan, Hj. Isma sudah mendesak seluruh kepala daerah untuk mempercepat pembahasan itu dalam setiap rapat evaluasi. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top