Warga Morombo Pantai di Konut Tagih CSR PT KS – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

Warga Morombo Pantai di Konut Tagih CSR PT KS

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan PT Konutara Sejati, perusahaan pertambangan di Desa Morombo Pantai, Kecamatan Langgikima, Konawe Utara (Konut) tak juga memberi kontribusi berarti bagi masyarakat setempat. Janji pihak perusahaan yang akan menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) sebagai tanggung jawab perusahaan berupa pembangunan fasilitas umum di lahan konsesi itu tak kunjung direalisasikan.

Akibat janji PT KS yang tak terwujud itu, warga mulai mempertanyakan keseriusan perusahaan. Aksi boikot terhadap aktivitas PT KS sudah dilakukan. “Minggu lalu kami menahan kegiatan PT KS. Karena janji pihak perusahaan yang tidak ditepati untuk merealisasikan tanggung jawab pada masyarakat,” ujar RM, warga Desa Morombo Pantai, Kamis (7/12).

Tak hanya itu, warga setempat juga menuntut pihak perusahaan menambah dana kompensasi dari Rp 30 juta menjadi Rp 50 juta. Pihak perusahaan juga didesak membangun masjid di desa itu. “Masyarakat juga meminta agar PT KS membuat tanggul tak jauh dari lokasi pemukiman penduduk. Karena bila musim hujan rembesan material tambang mengalir ke pemukiman penduduk,” kata perwakilan warga itu.

Janji CSR dari pihak PT KS yang belum direalisasikan mendapat sorotan dari Anggota DPRD Konut, Safrin. Menurutnya, pihak perusahaan harus merealisasikan apa yang menjadi tanggung jawabnya. “Pihak perusahaan lalai, tidak mematuhi kontrak yang sudah dibuat. Karena salah satunya adalah memberdayakan masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung. Yang tidak langsung berupa pembagian keuntungan berbentuk CSR. Apabila tidak diberikan perusahaan maka itu adalah sebuah kelalaian dari perusahaan (PT KS),” sorot Ketua DPD II Golkar Konut tersebut.

Makanya, Safrin menganggap keberadaan perusahaan pertambangan di Desa Morombo Pantai patut dipertanyakan. Ketua BPP DPRD Konut itu mendesak agar perusahaan memiliki komitmen baik pada Pemkab maupun masyarakat Konut.

“Apabila tanggung jawab itu tidak dilaksanakan maka kita akan pertanyakan dan menyampaikan pada Pemprov Sultra untuk ditindaklanjuti ke pusat. Jangan hanya sekedar merusak daerah tapi tidak memberikan bantuan dan memperbaki kualitas lingkungan,” tegasnya. Informasi yang dihimpun, PT Konutara Sejati sudah melakukan pengiriman puluhan tongkang ore nikel. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top