Pariwara
Buton Tengah

Kemendikbud Petakan Sebaran Sekolah di Buteng

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan bantuan untuk pemetaan sebaran sekolah di Buton Tengah (Buteng). Selain digunakan sebagai pendukung data referensi pendidikan di Kemendikbud, peta juga untuk pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam mendorong pembangunan dibidang pendidikan, utamanya SD dan SMP.

Staf Teknis Pusat Data Statistik Kemendikbud, Yas Ahmad A menuturkan, pemetaan sebaran sekolah itu merupakan implementasi program verifikasi dan validasi lembaga pendidikan. Makanya, mereka turun langsung di lapangan, sekaligus memastikan sekolah yang dipetakan itu masih aktif atau tidak dalam melayani kegiatan pendidikan di masyarakat.

“Peta ini akan kita jadikan data pendukung untuk data referensi pendidikan yang didukung dengan titik koordinat dan citra foto satelit. Kami memastikan lokasi sekolah, kondisi fisiknya juga jadi perhatian. Selain diserahkan pada Pemkab Buteng, data ini kita masukan dalam website resmi Kemendikbud,” ungkapnya, kamis (7/12).

Yas Ahmad menjelaskan, proses pemetaan sekolah yang ada di Buteng itu dilakukan pada semua jenjang pendidikan mulai SD hingga SMA. Pemetaan sebaran sekolah itu dilaksanakan selama empat hari dengan 20 orang tim dari Dikbud Buteng. Pihaknya dapat menyelesaikannya dalam waktu relatif cepat.

“Sebelum melaksanakan kegiatan, tim dari Dikbud Buteng kami beri bimbingan teknis untuk menentukan titik koordinat sekolah dengan alat yang disediakan. Kemudian, kami membagi tim kecil untuk melakukan pemetaan pada tujuh wilayah kecamatan. Setiap tim kecil terdiri dari tiga hingga empat orang,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Dikdas Dikbud Buteng, Nafiu, M.Pd mengungkapkan, pihaknya merasa terbantu dengan program Kemendikbud itu. Ia menilai, data itu dapat digunakan dalam merumuskan kebijakan pendidikan di Buteng, utamanya terkait pendirian sekolah baru. “Kami berterima kasih atas bantuan yang diberikan, karena tidak semua daerah menjadi penerima,” tutupnya. (c/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top