Kejati Sultra Selamatkan Uang Negara Rp 6,13 Miliar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Kejati Sultra Selamatkan Uang Negara Rp 6,13 Miliar

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (ketiga dari kiri) didampingi Direktur La Ode Diada Nebansi (kedua dari kiri), Wakil Direktur Agus Tranhadi (kiri) beserta para redaktur menyerahkan cinderamata kepada Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos Sehari Azhari, SH., MH (kedua dari kanan) di Lantai III Graha Pena Kendari Pos, kamis (7/12). Asintel Kejati Sultra Dian Fris Nalle, SH.,MH dan Aspidsus Mustaming, SH.,MH ikut mendampingi. Foto: LM Syuhada/Kendari Pos

KENDARPOS.CO.ID — Kinerja Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra menunjukkan tren positif di bawah kepemimpinan Dr. Azhari, SH.,MH. Meski baru satu semester berada di Sultra, namun efek leadershipnya sangat terasa. Itu bisa dilihat dari progres penanganan sejumlah kasus korupsi maupun langkah preventif (pencegahan) yang dilakukannya.

Berkat kecerdasan serta kemampuan kepemimpinan yang mumpuni dalam mengurus kasus korupsi, sehingga sepanjang 2017, tercatat Rp 6.131.874.800,33 anggaran negara berhasil diselamatkan. Duit itu berasal dari pengembalian yang dilakukan para koruptor, bukan hanya yang diurus Kejati tapi juga Kejari se-Sultra (detail datanya lihat garfis).

Kesuksesan menyelamatkan uang negara miliaran rupiah menjadi kado manis Kejati Sultra menyambut peringatan Hari Anti Korupsi, 9 Desember besok. Kajati Sultra, Azhari mengaku sangat ingin daerah ini bebas dari perilaku korupsi. Makanya, selama enam bulan menjabat, lebih fokus lakukan langkah pencegahan. Dirinya keliling daerah se-Sultra untuk memberikan edukasi kepada pemerintah daerah supaya terhindar dari jeratan korupsi.

“Tahun ini, saya lebih fokus lakukan langkah preventif. Kami keliling daerah untuk membina dan mendampingi pemerintah daerah supaya dalam menjalankan program pembangunan tidak menimbulkan kerugian negara. Kejaksaan baru akan fokus melakukan penindakan kasus korupsi, tahun 2018,” ungkap Azhari saat memimpin rapat redaksi di Graha Pena Kendari Pos, kamis (7/12).

Kehadiran mantan Wakajati Jambi di Kendari Pos memang menyandang dua kapasitas, sebagai Kajati Sultra sekaligus didaulat menjadi Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos Sehari. Nah, penjelasannya tentang fokus kerja Kejati, khususnya dalam upaya mencegah korupsi, dalam kapasitasnya sebagai Kajati Sultra. Dia Didampingi Asintel Kejati Sultra Dian Fris Nalle, SH.,MH dan Aspidsus Mustaming, SH.,MH.

Dalam rapat redaksi itu dihadiri juga Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin, Direktur La Ode Diada Nebansi, Wadir Agus Tranhadi, Pemred Arifuddin Mangka, serta para redaktur dan manajer Kendari Pos. Lebih jauh Azhari menjelaskan, meski penindakan diperlukan, namun langkah preventif tetap jadi prioritas selama 2017 ini. “Sekarang kita soft-soft dulu,” ujarnya.

Menangani perkara korupsi, lanjut Azhari, harus juga memikirkan dampaknya. Mindset (pola pikir) jaksa sekarang tidak hanya soal mengungkap kasus tapi juga kondisi psikologis masyarakat dan situasi daerah. Dan hal itu terinspirasi dari Kendari Pos. “Jadi, momentumnya harus tepat,” tambahnya.

Tak hanya soal pendampingan kepada pemda, pihaknya juga mengedukasi para kepala desa supaya cerdas mengelola dana desa (DD). Pihaknya mahfum, tindak penyalahgunaan anggaran terjadi karena faktor ketidakpahaman. “Makanya, kami edukasi mereka. Kita ingin pemda maupun kades menggandeng jaksa dalam urusan tata kelola anggaran. Ini penting supaya disampaikan hal-hal yang harus dihindari, agar tidak terjerat,” terangnya.

Komitmen lain mencegah korupsi dengan membentuk desa binaan. Setiap saat, kades di daerah itu diberi pemahaman tentang tata kelola anggaran, supaya tepat sasaran. “Kami ingin daerah lain juga lakukan hal serupa. Ini semua untuk kepentingan mereka juga,” katanya.

Upaya pencegahan sekaligus memberikan pemahaman tentang korupsi juga dilakukan pada generasi muda. Rencananya, menyambut Hari Anti Korupsi Kejati Sultra akan menggelar sejumlah lomba. Salah satunya pidato tentang anti korupsi yang melibatkan siswa SMA/sederajat. “Ini langkah edukasi kepada generasi muda,” ucapnya. Tak hanya itu, Kejati juga akan menggelar upacara, hari ini. (ing)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top