Pariwara
Kolaka Utara

Dideadline Menhub, Bupati Kolut Pantau Lokasi Bandara

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar saat mengecek lokasi rencana pembangunan Bandara di Kecamatan Kodeoha, kamis (7/12)

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan batasan waktu pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut), agar secepatnya menuntaskan segala persyaratan rencana pembangunan bandar udara (Bandara) yang diusulkan. Jika tidak, penunjukannya akan dialihkan ke Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulawesi Selatan.

Namun Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar menyatakan kesanggupannya untuk menuntaskan segala persyaratan, termasuk pembebasan lahan warga. Nur Rahman telah memantau secara langsung lokasi rencana pembangunan Bandara tersebut, Kamis (7/12). Lokasinya berada pada perbatasan antara Dusun V Desa Kaluku-luku dengan Dusun I Desa Lametuna, Kecamatan Kodeoha. Bandara tersebut akan berada di pesisir wilayah itu yang separuhnya melebar 150 meter ke lepas pantai. “300 meter itu 150 meternya di darat dan 150 meter ke laut,” ujar Nur Rahman, kamis (7/12).

Ia mengakui, waktu yang diberikan Kemenhub memang sudah semakin dekat. Namun bupati optimis realisasi bandara di otoritanya dipastikan terwujud. Luas areal mengalami penambahan untuk proyeksi jika terjadi penambahan kapasitas dan landasan pacu. Bagi warga yang memiliki lahan di zona itu dipastikan bersedia menerima ganti rugi. “Khusus pembebasan lahan akan kami lakukan dan pendanaan pembangunan Bandara dari kementerian. 2018 siap diwujudkan. Jika Bandara tuntas dipastikan akan terjadi peningkatan perekonomian warga setempat,” pungkasnya. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top