Pariwara
Buton

Buton Bangun Dive Centre Teluk Pasarwajo

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupeten Buton akan segera memiliki satu pusat penyelaman bertaraf nasional. Tempatnya di Pasarwajo, pada sebuah lahan dekat Pelabuhan Banabungi. Dive Centre Teluk Passarwajo itu dibangun dengan menggunakan dana Rp 10 milar dari Kementerian Pariwisata.

“Pusat penyelaman itu akan terintegrasi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti restoran, penyewaan peralatan selam, kafe maupun area publik,” jelas Zainuddin Napa, Kepala Dinas Pariwisata Buton, kamis (7/12). Ia mengatakan, saat ini pengerjaan tahap I yang meliputi penataan kantor, pembangunan dermaga labuh dan pembuatan area publik sedang dikerjakan dengan anggaran Rp 1,5 miliar.

Rencananya, Dive Centre tuntas dalam tiga tahap hingga 2019 mendatang. “Kami tidak gunakan uang daerah. Murni dari DAK, jadi bertahap nantinya,” sambung Zainuddin. Pembangunan dive centre itu, lanjutnya, sebagai upaya menggaet wisatawan agar berkunjung ke Buton. Apalagi, keindahan bawah laut Teluk Pasarwajo tidak kalah saing dengan perairan Wakatobi yang lebih dulu dikenal. Selain itu, Dive Centre akan menjadi pusat kegiatan masyarakat karena memiliki area publik untuk menikmati panorama alam teluk yang memanjakan mata.

“Ini konsep wisata modern,” paparnya. Lebih menariknya lagi, kata dia, Dinas Pariwisata mendirikan monumen patung ikan yang terbuat dari logam untuk menjadii salah satu ikon Kabupaten Buton sebagai daerah penghasil ikan. Ia menambahkan, saat ini pihaknya harus merampungkan dulu pembebasan lahan. Sebab dari luasan 1,5 hektare, baru 40×100 meter persegi yang telah sah menjadi milik Pemkab. Sisanya masih dikuasai warga. “Tapi itu tidak masalah. Kami hanya menunggu anggaran, setelah itu akan dibayarkan sesuai NJOP,” tutupnya. (c/m1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top