Pariwara
Metro Kendari

112 Ribu Anak Wajib Punya Akta Lahir

Ilustrasi anak

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari mencatat warga kota saat ini sekira 334.335 jiwa. Dari jumlah itu, belum seluruhnya memiliki akta kelahiran. Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Halili mengatakan pemerintah pusat menetapkan anak berusia 0-18 tahun wajib memiliki akta kelahiran. Begitu pula di Kota Kendari. Sebanyak 112 ribu anak wajib memiliki akta kelahiran.

Disdukcapil Kota Kendari baru mencatat dari 112 ribu anak, baru sekira 47,16 persen yang memiliki akta lahir. Sedangkan target nasional yang diberikan pemerintah pusat kepada Kota Kendari sekira 85 persen ditahun 2017 ini dari total 112 ribu. “Jadi masih ada 33 persen lebih yang harus kita tuntaskan hingga akhir Desember ini,” ujar Halili saat memimpin rapat tim lintas sektor percepatan pencapaian target nasional kepemilikan akta kelahiran 0-18 tahun di Zahra Hotel, Kamis (7/12).

Selain itu, dari 112 ribu anak itu, sebagian belum terdaftar atau tercatat di sistem pencatatan online Disdukcapil Kota Kendari. Olehnya itu untuk mewujudkan target pemerintah pusat perlu dilakukan penyatuan persepsi . Ke depan akan ditindak lanjuti dengan penandatanganan MoU untuk stakehojder seperti Puskesmas, rumah sakit negeri dan swasta se- Kota Kendari. Hal itu untuk keperluan pencatatan dalam sistem Dukcapil dan penerbitan akta lahir.

Disdukcapil Kota Kendari juga akan menerapkan sistem “jemput bola” atau turun langsung ke masyarakat untuk mendata anak yang belum mendapatkan akta lahir mulai umur 0-18 tahun

Sementara itu, Asisten I Pemkot Kendari, Rahman Napira berharap target nasional tersebut haruslah tercapai. Kendati waktu sangat kasip tapi harus dapat dimaksimalkan untuk segera terealisasi. Akta lahir itu sangat penting untuk anak, khususnya pada bidang pendidikan. “Kami, Pemkot Kendari mengharapkan partisipasi aktif warga untuk membuat akta kelahiran setiap anaknya,” ujar Rahman Napira. (wan/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top