Tantang Panwas Buktikan PPK Jadi Pengurus Parpol – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Tantang Panwas Buktikan PPK Jadi Pengurus Parpol

Hidayatullah

KENDARIPOS.CO.ID — Guna menyukseskan pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra kian intens melakukan persiapan. Salah satunya dengan melakukan pemantauan terhadap kesiapan personil, sarana dan prasarana pendukung seperti sistem informasi partai politik (Sipol). Rabu (6/12), KPU Sultra memantau kesiapan pelaksanaan Pilgub di Konawe Utara (Konut).

“Kita lakukan suvervisi dan monitoring tentang kesiapan KPUD Konut menghadapi Pilgub Sultra 2018 mendatang. Kita mengecek kesiapan kita di tingkat kabupaten dan tata kelola keuangan termasuk kesiapan verifikasi partai politik (Parpol) ,” ujar Ketua KPU Sultra, Hidayatullah ditemui di KPUD Konut, Rabu (6/12).
Tak hanya itu, mantan Ketua KPUD Kota Kendari juga mengecek soal kesiapan dan kecukupan anggaran KPUD Konut. Dalam suvervisi yang dilakukan di Konut, Hidayatullah memberikan apresiasi yang cukup baik pada KPUD Konut atas kesiapannya dalam menghadapi Pilgub maupun Pilpres.

“Kalau saya melihat KPUD Konut sangat siap menghadapi dua agenda besar yakni Pilgub dan Pemilu 2019. Jadi tak ada hambatan dalam kesiapan penyelenggaraan. Hanya ada beberapa persoalan yang harus dilakukan pembinaan yakni tata kelola kinerja aparat, ditingkat Adhoc PPK dan PPS,”tukas adik dari pengacara kondang Sultra itu.

Terkait adanya temuan Panwas adanya anggota PPK dan PPS yang diduga menjadi pengurus partai politik. Hidayatullah mencoba meluruskan, jika persoalan yang dimaksud sudah diselesaikan oleh KPUD Konut.

“Itu sudah diselesaikan KPUD Konut, ternyata dugaan itu tidak benar. Bukan anggota parpol, jadi kalau sudah terbukti bukan anggota parpol maka tidak bisa haknya dikurangi. Kalaupun Panwas bersikeras, maka harus dibuktikan. Karena hasil klarifikasi KPUD itu tidak membuktikan, jadi hak dia menjadi penyelenggara tidak bisa dihilangkan,”tantangnya.

Namun Hidayatullah berharap bila persoalan tersebut tidak bisa diselesaikan ditingkat Panwas dan KPUD. Maka langkah untuk membuktikan dugaan itu maka dewan kehormatan penyelenggara pemilu (DKPP). “Kalau tidak bisa diselesaikan, di DKPP saja langsung,” tantang Hidayatullah. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top