Rugikan Nelayan, Jembatan di Konkep Dibongkar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Kepulauan

Rugikan Nelayan, Jembatan di Konkep Dibongkar

MURSALIN/KENDARI POS
Warga Lapulu di Desa Langara Iwawo, Kecamatan Wawonii Barat melakukan pembongkaran jembatan By Pass disaksikan anggota Polri dan TNI, rabu (6/12)

KENDARIPOS.CO.ID — Amarah warga Lapulu di Desa Langara Iwawo, Kecamatan Wawonii Barat, tak terbendung lagi. Jembatan yang menghubungkan jalan By Pass Langara Tumbu-Tumbu di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dianggap merugikan nelayan yang bermukim di tepi pusat ibu kota kabupaten itu. Mereka sudah meminta agar jembatan tersebut segera dibenahi, namun tak mendapat respon dari pihak terkait.

Padahal warga sudah menyampaikan keluhan tersebut sejak awal Agustus lalu. Rabu (6/12), warga turun langsung membongkar jembatan By Pass Langara dengan membawa beberapa peralatan didampingi pihak kepolisian dan TNI. Akibat jembatan tersebut banyak nelayan di kawasan ini mengalami kerugian saat melaut. Tiang jembatan proyek pembangunan By Pass Langara yang dikerjakan PT 69 itu, dianggap menghalangi jalannya perahu nelayan saat turun melaut.

“Sudah banyak kerugian kita akibat keberadaan jembatan. Setiap kita lewat di situ, baling-baling mesin perahu kami patah hingga merusak as. Soalnya ada tiang jembatan yang menghalangi,” kata Edi saat ditemui di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konkep untuk meminta izin pembongkaran jembatan tersebut, rabu (6/12).

Bukan hanya baling-baling saja yang rusak akibat jembatan tersebut, tetapi tak sedikit nelayan menabrak jembatan jika air laut sedang pasang. “Perahu kami banyak yang pecah akibat tabrak tiang jembatan. Kalau baling-baling tidak bisa dihitung berapa yang patah akibat jembatan itu,” timpal Ahmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konkep, Darwis tak bisa berbuat banyak saat nelayan Lapulu mendatangi kantornya. Dia berdalih, jembatan itu milik Dinas Pekerjaan Umum (PU). “Saya hanya bisa komunikasikan saja kepada dinas terkait. Ada juga pengawas lapangan pembangunan By Pass Langara untuk bongkar jembatan itu,” kata Darwis.(b/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top