Polisi Wajib Kawal Dana Desa – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Polisi Wajib Kawal Dana Desa

Personel Polri, khususnya Bhabinkamtibmas di jajaran Polda Sultra diinstruksikan ikut mengawal pengelolaan dana desa (DD). Kegiatan Arahan Kapolda Sultra kepada lurah, kepala desa dan Bhabinkamtibmas digelar Polda Sultra, Rabu (6/12). Tampak Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra turut hadir dalam kegiatan tersebut. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak oknum kepala desa yang terjerat perkara hukum karena diduga menyelewengkan dana desa (DD). Dana miliaran rupiah digelontorkan untuk pembangunan desa melalui APBDesa. Penggunaan DD itu mendapat perhatian Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Bahkan Presiden meminta Polri ikut mengawal penggunaan DD.

Hal itu ditindaklanjuti Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan meneken Memorandum of Understanding (MoU), pengawasan dan penanganan permasalahan DD bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Personel Polri di daerah pun menindak lanjuti instruksi tersebut. Kapolda Sultra, Brigjen Andap Budhi Revianto punya komitmen kuat agar pengelolaan DD tepat sasaran. Korps Bhayangkara di Sultra pun mempersiapkan personel Bhabinkamtibmas untuk mengawal dan desa.
Salah satunya melalui kegiatan Arahan Kapolda Sultra kepada lurah, kepala desa dan Bhabinkamtibmas yang bertajuk Kawal Dana Desa, Rabu (6/12). Turut hadir Direktur Ditreskrimsus Polda Sultra, Kombes Pol Wira Satya Triputra, Direktur Binmas Polda Sultra, Kombes Pol Erfan Prasetyo, Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra, Kapolres Kendari, AKBP Jemi Junaidi dan Wakil Bupati Konkep, Andi Muhammad Lutfi.

Kegiatan Arahan Kapolda Sultra itu merupakan penyampaian Kapolda Sultra Brigjen Andap Budhi Revianto atas petunjuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian bahwa Bhabinkamtibmas perlu disiapkan untuk berperan sebagai pengawal DD. Menurut Kombes Pol Wira Satya Triputra, kepala desa mesti berhati-hati mengelola DD karena dana itu untuk pembangunan desa. Kombes Wira Satya Triputra mengingatkan itu karena masih banyak oknum kepala desa di Sultra yang masih berani “bermain-main” dengan DD.

Selain itu, ada juga bukan karena sengaja melainkan minimnya pemahaman membuat perencanaan anggaran hingga terjadi dugaan penyelewengan. “Tujuan kami dalam arahan ini, agar polisi dalam hal ini Bhabinkamtibmas bisa membantu mengawal dana desa, sehingga tidak diselewengkan,” kata Kombes Wira Satya Triputra, rabu (6/12).

Kombes Wira Satya berharap kepala desa (Kades) tidak risih dengan keberadaan polisi dilapangan karena Bhabinkamtibmas hadir untuk memberikan solusiagar DD itu tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan dengan baik. Sebab, tidak sedikit oknum kades yang terjerat hukum karena tidak tahu cara mengelola keuangan. Arahan Kapolda Sultra itu menekankan langkah preemtif, preventif dan represif. “Kami tekankan pencegahan. Tapi, kalau langkah ini tak bisa diterapkan, maka lakukan penindakan yakni represif,” ungkap Kombes Wira Satya.

Dalam kegiatan Arahan Kapolda Sultra itu tercatat 223 Kades hadir yang berasal dari Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kabupaten Konawe. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top