Pekan Ini, DD Tahap II Baru Cair di Buton – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Pekan Ini, DD Tahap II Baru Cair di Buton

KENDARIPOS.CO.ID — Wajar saja jika akselerasi pembangunan desa di Buton tak bergerak cepat. Pasalnya, dana desa (DD) sebagai sumber utama pendanaan program pembangunan kerap tidak cair tepat waktu. Untuk DD tahap II, bahkan baru akan diterima pada pekan pertama Desember ini. Padahal idealnya, pencairan sudah dilakukan sejak medio September lalu.

Hal itu diakui oleh Alimani, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buton. Keterlambatan pencairan tahap II sebenarnya disebabkan telatnya penyerahan laporan keuangan desa itu sendiri. “Tetapi dibanding tahun lalu, sekarang lebih baik. Tahap II yang lalu justru cair tanggal 30 Desember,” kata Alimani, rabu (6/12).

Ia menjelaskan, sebanyak 83 desa di Kabupaten Buton akan menerima DD tahap II melalui rekening pemerintah masing-masing. Saat ini, dananya sudah ada di kas daerah. “Informasi dari BPKAD itu pada 27 November lalu dananya sudah ada di kas daerah,” sambungnya. Untuk DD tahap II, jumlahnya Rp 26 miliar lebih atau 40 persen dari total DD yang mencapai Rp 64 miliar. Dana itu akan dibagi ke setiap desa dengan kisaran Rp 200 juta hingga Rp 300 juta tiap desa. “60 persennya sudah cair tahap pertama,” sebutnya.

Alimani berharap untuk pelaporan keuangan dana desa tahap II bisa diajukan Maret 2018 mendatang. Hal itu untuk mengejar pencairan DD tahap pertama tahun depan. Ia sendiri optimis, sebab belum lama ini pihaknya sudah melakukan pelatihan aplikasi sistim keuangan desa (Siskeudes) bagi para kepala desa. “Jadi mereka sudah cukup mahir membuat laporan,” yakinnya. (c/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top