Mahasiswa Agroteknologi Belajar Kesuburan Tanah pada Petani – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Mahasiswa Agroteknologi Belajar Kesuburan Tanah pada Petani

Dokumentasi pribadi
Tak hanya mengunjungi petani Marga Cinta, mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo, juga menyambangi kebun SMKN 8 Konawe Selatan, pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya teori, mahasiswa pun dituntut memahami ilmu yang diperoleh selama kuliah melalui praktik lapangan. Hal ini pula yang dilakukan 76 mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO) di Desa Marga Cinta Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, pekan lalu.

Para mahasiswa, khususnya yang mengikuti kuliah Kesuburan Tanah dan Teknik Pemupukan semester VII berhadapan langsung dengan para petani Marga Cinta. Mereka melihat bagaimana pengolahan tanah, budidaya dan pemupukan terhadap komoditas yang diterapkan petani setempat, serta hal lainnya yangterkait dengan teknik kesuburan tanah dan pemupukannya.

“Hal ini wajib dipenuhi mahasiswa Agroteknologi semester VII yang mengikuti mata kuliah tiga Satuan Kredit Semester atau SKS, terdiri dari dua SKS teori dan satu SKS praktik. Tujuannya sebagai pembelajaran bagi mahasiswa untukmelengkapi teori yang diperoleh selama kuliah,” terang salah seorang dosen pengasuh mata kuliah, Zulfikar, S.P., M.P.

Selain petani Marga Cinta, mahasiswa juga melihat langsung kondisi kesuburan tanah dan pemupukan di SMKN 8 Konawe Selatan. Kebun milik SMK pertanian ini, ternyata tak kalah dengan yang dikelola para petani. Sejumlah komoditas pertanian pun tampak memenuhi lahan sekolah yang memang dialokasikan untuk perkebunan, tempat praktik siswa di sekolah tersebut.

“Tanaman ini dikelola siswa dan guru SMKN 8 Konawe Selatan ini, sudah berjalan empat tahun dengan hasil kebun yang memuaskan. Jadi, ada sharing antara siswa/guru dan mahasiswa, utamanya dalam hal kesuburan tanah dan pemupukan,” pungkas Ketua Jurusan Ilmu Tanah ini. (lia)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top