Kepala BNNP: Berantas Narkoba, Keluarga Harus Proaktif – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Kepala BNNP: Berantas Narkoba, Keluarga Harus Proaktif

Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Bambang Priyambadha (duduk, ketiga dari kiri) didampingi sejumlah pejabat BNNP Sultra dan Kepala BNNK Kendari menerima kunjungan Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (duduk, kedua dari kiri) bersama jajaran manajemen Kendari Pos, rabu (6/12). Usai berdiskusi banyak hal tentang upaya pemberantasan narkoba beserta program preventif, sempatkan foto bersama. Foto: LM Syuhada/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemberantasan penyalahgunaan narkotika dan bahan adiktif dibutuhkan peran semua pihak. Tak hanya lembaga penegak hukum, namun kontribusi keluarga sangat penting dalam memerangi peredaran narkoba. Keikutsertaan seluruh elemen masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap penyalahgunaan barang terlarang itu menjadi solusi dalam memberantas narkoba.

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Bambang Priyambadha mengungkapkan, pihaknya terus mengoptimalkan pengawasan dan pencegahan masuknya narkoba ke wilayah Sulawesi Tenggara. BNNP mengantisipasi suplier narkoba dari berbagai titik yang dianggap sangat potensial. Tak hanya melalui darat dan laut, pihaknya pun melakukan pengawasan ketat melalui sektor kedatangan di Bandara Haluoleo Kendari.

“Ada penyuplai dari Malaysia. Ini yang kami terus awasi. Titik rawan lainnya melalui darat tentunya ini bisa lewat Kolaka Utara. Termasuk titik-titik rawan yang masuk lewat jalur laut terus diawasi,” ungkap Brigjen Pol Bambang Priyambadha saat menerima kunjungan Direksi dan Manajemen Harian Kendari Pos di Kantor BNNP Sultra, rabu (6/12). Rombongan Kendari Pos dipimpin oleh Irwan Zainuddin (Dirut Kendari Pos) dan diterima oleh Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Bambang Priyambadha, Kepala BNN Kota Kendari Hj Murniaty, dan seluruh pejabat utama BNNP Sultra.

Bambang Priyambadha menambahkan, pemberantasan peredaran narkoba di Sulawesi Tenggara tak lepas dari peran aktif masyarakat. Seluruh instansi harus turut ambil bagian dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran barang berbahaya ini. “Terutama peran keluarga. Untuk memberantas narkoba, keluarga harus proaktif. Pengawasan orang tua terhadap anak-anaknya sangat dibutuhkan sehingga penyalahgunaan narkoba dapat teridentifikasi lebih maksimal,” pinta mantan Wakapolda Sultra itu.

Masyarakat, kata dia, harus mampu memahami tugas dan fungsi BNN dalam penanganan masalah narkoba. Kemitraan seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan agar generasi bangsa bisa bebas dari jerat ketergantungan narkoba. “Jangan pernah takut berkomunikasi dengan kami. Jika ada sanak keluarga yang menyalahgunakan narkoba entah pada level coba-coba maupun sudah pada taraf ketergantungan (kecanduan), lebih baik laporkan ke kami lebih awal,” jelasnya.

Penanganan kasus narkoba, lanjutnya, tidak selalu ditindaklanjuti melalui proses hukum. BNN memiliki program rehabilitasi terhadap orang-orang yang masuk dalam lingkaran pengguna narkoba. “Kalau keluarga lapor duluan, maka kami akan masukkan dalam daftar rehabilitasi. Ada bagian yang menanganinya. Kami melakukan pengobatan agar orang-orang tersebut bisa lepas dari ketergantungan narkoba. Namun, jika keluarga tidak melaporkan dan tertangkap oleh petugas, maka prosesnya akan beda. Olehnya itu, lebih baik sikap proaktif keluarga melaporkan ke kami jika ada kerabat yang menyalahgunakan narkoba agar bisa direhabilitasi,” jelasnya.

Bambang juga berharap agar masyarakat tidak merasa cemas dalam menghadapi tes urine. Kurangnya pemahaman masyarakat terkait dengan adanya urine yang positif narkoba, terkadang membuat banyak orang cemas ikut tes urine. “Jika ada yang positif urinenya, belum bisa dikategorikan orang tersebut pengguna narkoba. Pasti akan ditanya dulu, apakah orang tersebut sedang mengonsumsi obat yang diresepkan dokter? Jika ini yang terjadi, maka orang tersebut tentu tidak masuk kategori pengguna. Ini harus dipahami oleh masyarakat. Jangan pernah takut membangun komunikasi dengan kami,” katanya.

Dalam momentum tersebut, Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin turut memberikan dukungan terhadap BNNP dalam upaya pemberantasan narkoba. Harian Kendari Pos siap membantu menyosialisasikan ke masyarakat dalam bentuk pemberitaan terkait langkah-langkah pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba. “Kami selalu siap membangun kemitraan dengan BNN baik BNNP maupun BNNK se Sulawesi Tenggara. Sosialisasi ke masyarakat baik dunia pendidikan maupun komunitas-komunitas, kami siap memberikan dukungan publikasi agar seluruh masyarakat dapat turut serta dalam mengambil bagian memerangi narkoba,” ungkap Irwan Zainuddin.

Usai berdiskusi bersama, Bambang Priyambadha sempat memperkenalkan videotron yang dimiliki BNNP Sultra kepada Dirut Kendari Pos. Videotron tersebut merupkan sosialisasi secara live dari BNN RI. “Kami baru memiliki satu alat di sini. Kami akan tambah lagi satu dan akan ditempatkan di Bandara Haluoleo,” ujar Bambang Priyambadha kepada Irwan Zainuddin sesaat sebelum rombongan direksi dan manejemen Kendari Pos mohon pamit. (aka)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top