17 Daerah di Sultra Terima Rapor Merah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

17 Daerah di Sultra Terima Rapor Merah

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah di 17 kabupaten dan kota se-Sultra mesti lebih serius lagi dalam menyusun program dan realisasinya di tahun 2018 nanti. Pasalnya, tak satu pun pengelolaan kearsipan daerah yang dianggap baik oleh pemerintah pusat. Semua daerah di Sultra masih mendapat rapor merah.

Hasil audit itu diserahkan langsung Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan Nasional, Rudianto di ruang pola kantor Gubernur Sultra, Rabu (6/12). Menurut Rudianto, pemerintah daerah terlalu menganggap sepele urusan kerarsipan daerah. Padahal, setiap pemeriksaan oleh lembaga pemeriksa selalu berbasis data atau arsip.

“Semua kegiatan pemerintah, aset pemerintah, kebijakan pemerintah itu harus disediakan, baik itu secara pembukuan atau elektronik, sangat penting. Inilah yang akan diwariskan turun temurun kepada anak cucu kita sebagai pengelola atau pengawas pemerintahan berikutnya,” ungkap Rudianto dalam paparannya di hadapan para kepala dinas perpustakaan dan kearsipan daerah se-Sultra, rabu (6/11).

Rudianto menambahkan penyerahan laporan audit kearsipan itu dalam rangka pencanangan gerakan nasional sadar tertib arsip se-Indonesia sekaligus sosialisasi akreditasi kearsipan. “Bapak-bapak bisa lihat sudah banyak buku sejarah kita, dokumentasi perjuangan kita masih ada tapi jumlahnya tidak banyak. Padahal itu dibutuhkan oleh generasi selanjutnya. Termasuk sejarah-sejarah di daerah itu harus tertib kita simpan dan kita jaga, ke depan urusan arsip ini akan menjadi hal penting yang akan kita cari,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Lukman Abunawas yang menyaksikan penyerahan hasil audit itu meminta seluruh daerah untuk serius dalam urusan aset itu. Dia sepakat dengan pentingnya penataan kearsipan sebagai suatu aset informasi terpenting. “Tolong ini diperhatikan, apa yang menjadi masalah diperbaiki. Kalau ada kendala maka haris dicarikan solusinya agar arsip ini benar-benar rapi,” katanya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top