1.866 Guru Terima Rp 13,5 Miliar TPG – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

1.866 Guru Terima Rp 13,5 Miliar TPG

Sartini Sarita

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 1.866 guru TK, SD dan SMP se-Kota Kendari tengah berbahagia. Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang dinantikan telah cair. 255 guru TK dan 1.611 guru SD dan SMP menerima tunjangan periode triwulan tiga, Juli-September. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Sartini Sarita mengatakan proses pencairan sudah dimulai Selasa, (5/2).

Duit tunjangan itu ditransfer langsung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke rekening masing-masing guru. “Jadi, totalnya untuk guru SMP itu sekira Rp 5 miliar. Guru SD sebanyak Rp 8 miliar dan guru TK sekira Rp 500-an juta,” ujar Sartini Sarita di ruang kerjanya, Rabu (6/12). Jika dikalkulasi, jumlahnya TPG sekira Rp 13,5 miliar.

Mantan Sekretaris Dikmudora Kota Kendari itu menjelaskan
guru penerima TPG tersebut adalah yang sudah mengantongi SK Tunjangan Profesi (SKTP). Sedangkan, proses pembayarannya melalui sistem transfer setelah keluarnya Perwali Nomor 3 tahun 2017 tentang pembayaran nontunai. Jadi tak heran jika Dikmudora tak mengelola duit tunjangan tersebut. Begitu pula proses pencairan TPG di daerah lain.

Triwulan empat dipastikan cair Desember ini pula. Soal kapan, belum dapat dipastikan. Tinggal menunggu verifikasi berkas selanjutnya setelah penerimaan TPG triwulan tiga tuntas. “Yang pasti tidak menyeberang tahun anggaran dan kita akan verifikasi lagi karena penerima TPG banyak tahap yang harus dilewati para guru,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Pendidikan Dikmudora Kota Kendari, Amran menuturkan sekira 15 guru TK dan 55 guru SD/SMP tak terima TPG yang disebabkan beberapa alasan. “Misalnya, ada yang naik haji, umrah, sakit ataupun tidak full mengajar pada triwulan ini. Jadi, TPG tidak bisa dibayarkan penuh tiga bulan dalam triwulan tiga karena alasan itu,” ujar Amran.

Menurutnya, dari 1.940 orang guru yang sudah mengantongi sertifikasi, hanya sekira 1.866 guru yang masuk dalam daftar SKTP 2017 triwulan tiga dan memenuhi syarat menerima TPG. Selain itu, TPG juga yang diberikan kepada tujuh pengawas TK dan 37 pengawas tingkat SD/SMP. (wan/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top