Dirjenbun Dukung Revitalisasi Kakao Kolut – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Dirjenbun Dukung Revitalisasi Kakao Kolut

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Dirjenbun, Ir. Bambang ketika hadir di Kolut memberi dukungan pada program Pemkab terkait revitalisasi tanaman kakao tak produktif.

KENDARIPOS.CO.ID — Program revitalisasi kakao yang dicanangkan Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar mendapat dukungan langsung dari pihak pemerintah pusat. Suport tersebut diperlihatkan Direktur Jenderal Perkebunan (Dirjenbun) pada Kementerian Pertanian, Ir. Bambang. Baru-baru ini, Ia hadir langsung dan terlibat dalam sosialisasi revitalisasi kakao yang digelar di Desa Lawolatu, Kecamatan Ngapa.

Menurut mantan Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sulawesi Tenggara itu, amat jarang kepala daerah fokus dan konsentrasi menggenjot satu program khususnya kakao dalam skala besar. Ia mengapresiasi hal tersebut dan berjanji akan membantu Pemkab, khususnya dalam penyediaan bibit kakao untuk penanaman dua ribu hektare dari 24 ribu hektare yang diproyeksi.

Pengadaan bibit pad dua ribu hektare tersebut akan dikucurkan melalui dana DIPA yang penyedianya dari Pusat Penelitian Kakao (Puslitkoka) di Jember, Jawa Timur. Tak hanya berkunjung, Bambang juga juga melakukan penanaman langsung bibit kakao pada salah satu perkebunan di Desa Lawalatu sebagai bentuk apresiasi dan dukungannya.

Sosialisasi yang dilakukan Bupati, Nur Rahman bersama Wakilnya, H. Abbas memang terus dilakukan. Terbaru, kedua pimpinan daerah tersebut mendatangi Desa Maruge di Kecamatan Katoi. Dalam setiap kesempatan, dilakukan penanaman langsung bibit kakao dan diikuti para petani menebang tanaman yang sudah tak produktif lagi.

Nur Rahman kembali menekankan jika program tersebut bukanlah sebuah proyek, namun lebih pada upaya peningkatan ekonomi masyarakat agar sejahtera. Revitalisasi tersebut tentunya ia harapkan mendapat dukungan para petani. “Tentu pemerintah tidak bisa jalan sendiri tanpa dukungan masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

H. Abbas juga menimpali, sejauh ini telah dilakukan sosialisasi secara langsung ke kecamatan untuk meningkatkan produksi kakao. “Kami yakin program ini berjalan sukses sepanjang semua pihak terlibat dan aktif melakukan peremajaan,” katanya. Gerakan tani sejahtera itu sendiri melibatkan para profesor dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Kakao di Kolut harus diremajakan secara total dengan dukungan anggaran pada 2018 mendatang. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top