Dicari, Tiga “Jenderal” PNS – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Dicari, Tiga “Jenderal” PNS

Nur Endang Abbas

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga kabupaten dan kota di Sultra saat ini belum memiliki sekretaris daerah (Sekda) definitif. Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Kabupeten Buton Selatan (Busel) dan Kota Baubau saat ini masih menggunakan jasa eselon II yang ditugaskan sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekda itu. Pemprov kini tengah menyeleksi jabatan untuk mencari sosok yang dianggap layak untuk menduduki posisi “Jenderal PNS” di tiga daerah itu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan untuk tahapan asesmen, dua daerah sudah dilakukan. “Kabupaten Busel sudah. Tim asesornya sudah selesai (melakukan penilaian). Sedangkan Kabupaten Buton hari Sabtu lalu. Adapun asesmen calon Sekot Baubau masih kita menunggu kesiapan mereka, karena mereka pilih sendiri asesornya. Bisa dari BKN bisa dari Polda yang penting ada sertifikatnya,” ujar Nur Endang Abbas, Selasa (5/12).

Usai asesmen kata Nur Endang masih akan ada tahapan wawancara oleh panitia seleksi (Pansel) yang terdiri dari pejabat Pemprov, akademisi dari perguruan tinggi dan tokoh masyarakat. Menyoal peluang putra daerah untuk diprioritaskan dari calon lain, Endang menegaskan tujuan dari seleksi itu untuk mencari yang layak secara kompetitif. Diakuinya, didalam pertimbangan Pansel nantinya, ada yang namanya kompetensi sosio kultural. “Tetapi yang namanya penilaian akan diakumulasi dengan tahapan lain, yaitu kompetensi teknis dan manajerialnya,” tukas Nur Endang Abbas.

Terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Lukman Abunawas selaku ketua panitia seleksi membenarkan jika pencarian tiga sekda itu sedang berlangsung. Pihaknya masih menunggu hasil dari asesor dan selanjutnya melakukan tahap wawancara. “Berapa pun yang ikut, kita akan kerucutkan tiga nama setiap daerah. Kalau tiga daerah berarti ada sembilan nama calon sekda. Nanti pimpinannya masing-masing yang putuskan siapa yang pantas,” kata Lukman Abunawas.

Untuk diketahui Plt. Sekda Buton saat ini dijabat oleh Kasim SH. Sementara Plt.Sekda Baubau dijabat Armin SE, menggantikan Muhammad Djudul yang dinonjob sejak Juni lalu. Sedangakan untuk Busel ada nama Kostantinus Bukide SH sebagai Plt.Sekda. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top