Antam Latih Pengelolaan Potensi Lokal di Kolaka – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka

Antam Latih Pengelolaan Potensi Lokal di Kolaka

HUMAS ANTAM FOR KENDARI POS
Pose bersama jajaran manajemen PT Antam UBPN Sultra bersama camat dan kepala desa serta lurah se-Kecamatan Pomalaa saat mengikuti pelatihan pengelolaan potensi lokal di Jogyakarta, akhir November lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — PT Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi camat dan aparat lurah/desa se-Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka. Pelatihan tersebut terkait pengelolaan sumber daya alam lokal secara partisipatif. Pelatihan tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan Norgantara Global Inspiratif (NGI) di Yogjakarta, akhir November 2017 lalu.

Vice President and Corporate Social Responsibility (VP HC & CSR) PT Antam UBPN Sultra, Kamsi, menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan di bidang peningkatan kapasitas aparatur pemerintah yang ada di kecamatan Pomalaa. “Tujuannya membangun kesadaran para pemangku kepentingan yang ada di wilayah ring satu areal operasi PT Antam untuk mulai mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber  daya manusia yang dimiliki setiap desa dalam menyejahterakan masyarakatnya,” jelas Kamsi, Selasa (5/12).

Menurut Kamsi, saat ini pihaknya berupaya mengubah pola pendekatan dengan mengutamakan program penguatan dan pemberdayaan masyarakat. Salah satunya adalah dengan membantu masyarakat yang telah berusaha secara mandiri dengan meningkatkan kapasitas serta memberikan bantuan permodalan. Agar masyarakat dapat menjadi agen perubahan dalam lingkungannya sendiri.

Sementera itu Eksternal Relation Manager PT Antam UBPN Sultra, Pamiluddin Abdullah mengatakan, pelatihan tersebut merupakan salah satu tugas BUMN tersebut untuk meningkatkan kapasitas para aparatur desa/lurah dan camat. Menurutnya, Antam selalu berupaya membina hubungan baik dengan stakeholder. “Posisi eksternal relation adalah corong, telinga dan mata perusahaan bertindak sebagai penyampai aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan kontribusi Antam dalam pembangunan di wilayah operasinya. Silahkan disampaikan kepada kami untuk diteruskan ke pengambil kebijakan di PT Antam,” jelasnya.

Pamiluddin menambahkan, selain materi tentang pengelolaan desa/kelurahan yang baik, para peserta pelatihan juga mengunjungi Desa Wukir Sari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Desa tersebut telah berhasil mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan mengembangkan potensi yang mereka miliki sendiri. “Saya berharap, kegiatan seperti ini tidak hanya berlangsung kali ini saja tetapi dapat juga dilakukan pada waktu mendatang melalui pertemuan atau pelatihan,” katanya.

Camat Pomalaa, Sairman mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Antam. Menurutnya, program tersebut sangat menginspirasi para kepala desa/lurah untuk melakukan berbagai terobosan di masing-masing wilayah kerjanya. “Salah satu output yang dapat kami lakukan usai pelatihan ini adalah dengan membuat profil wilayah yang lengkap dan partisipatif. Baik itu di level desa dan lurah maupun kecamatan. Selain itu, pada 2018 nanti kami juga memprogramkan adanya BUMDes,” kata Sairman. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top